Mentan RI Dorong Pengembangan Komoditas Sorgum di Konsel

  • Bagikan
Mentan, Sekprov Sultra, dan Bupati Konsel saat menanam sorgum di Desa Alebo.

ANDOOLO, BKK – Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan-RI) Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Desa Alebo; Kecamatan Konda; Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Minggu (29/1)


Kedatangannya dalam rangka penanaman sorgum pada lahan yang terintegrasi peternakan ayam buras.
Mentan RI mendukung sepenuhnya pengembangan sektor pertanian di Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya Konsel. Lahan di daerah tersebut, kata Mentan, sangat subur, sehingga pertanian harus dimasifkan agar tidak hanya bergantung pada sektor pertambangan.


“Kita masifkan pertanian di Sultra karena berkontribusi langsung pada rakyat. Artinya, hasil pertanian ini dinikmati langsung oleh rakyat. Dan komitmen kita bagaimana rakyat makin sejahtera dari hasil pertanian,” katanya.


Komitmen yang dilakukan pihaknya antara lain menyumbangkan alokasi bantuan Kementerian Pertanian RI terkait pengembangan komoditas sorgum.


Menurut Mentan, sorgum adalah komoditas penting yang bisa digunakan sebagai bahan makanan pengganti gandum.


Sementara, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga mengatakan, akan terus memaksimalkan pemanfaatan lahan di daerahnya.


“Alhamdulillah, inflasi di Konsel terkendali, begitu pula ketahanan pangan kita. Konsel memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang besar, untuk pengembangan sektor pertanian secara luas,” katanya.


Sementara, Gubernur Sultra Ali Mazi melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra Asrun Lio mengungkapkan, kesyukurannya atas perhatian Mentan RI mengembangkan pembangunan pertanian di Sultra.


Dia mengatakan, bahwa segala capain Sultra di sektor pertanian, tak lepas dari dukungan Kementerian Pertanian. (ril/nir)

  • Bagikan