Capaian SAKIP Konkep Terus Meningkat, Pemkab Target Predikat BB Tahun 2023

  • Bagikan
Suasana Pembukaan Workshop dan Lokalatih Sakip Pemkab Konkep, di Salah satu hotel di Kendari, Senin (30/1). (FOTO: IST)

LANGARA, BKK – Capaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus mengalami peningkatan, khususnya 2 tahun terakhir yakni sejak tahun 2020 hingga 2021 dengan predikat B.


Dalam sambutannya, Bupati Konkep Ir H Amrullah MT mengatakan, tahun 2023 Pemkab Konkep menargetkan predikat BB, dengan melakukan workshop penyusunan SAKIP Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


“Dimana pada tahun 2020 kita (Pemkab Konkep) memperoleh predikat B dengan skor 60,19, dan tahun 2021 walaupun dengan predikat yang sama tetapi memperoleh skor yang lebih baik yakni 61,14,” ujarnya.


Dikatakan, kenaikan skor di 2021 belum berdampak signifikan pada capaian SAKIP Konkep pada level provinsi. Posisi Konkep masih berada pada posisi 12 dari 17 kabupaten dan kota se-Sultra, dimana Konkep masih berada pada kategori Best ke bawah dan hanya mengalahkan 5 kabupaten yang memperoleh predikat CC.


Lebih lanjut, Bupati Amrullah mengatakan, dengan keseriusan dan kerja sama yang baik seluruh personel penyusunan SAKIP Konkep, diyakininya tahun 2023 Pemkab Konkep bakal menambah peningkatan skor sesuai target yakni predikat BB.


Tentunya, kata dia, dengan memperhatikan beberapa hal, seperti ketelitian mulai dari perencanaan hingga tahap evaluasi program.


“Ini merupakan tantangan kita ke depan bagaimana meningkatkan predikat tersebut menjadi predikat BB sesuai dengan RPJMD. Sehingga kita dituntut untuk lebih fokus pada upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi anggaran,” ungkapnya.


Bupati 2 periode itu berharap kepada seluruh pegawai lingkup Pemkab Konkep, agar terus melakukan berbagai terobosan dalam mengejar ketertinggalan pembangunan di Pulau Wawonii. Agar bisa sejajar dengan daerah-daerah lain di Sultra yang jauh lebih lama dimekarkan.


“Olehnya saya mengharapkan kepada semua elemen yang ada di daerah ini agar bersinergi dengan kemauan dan tekad yang kuat, guna memajukan Konkep disemua bidang dan lini yang ada. Termasuk pada pengelolaan SAKIP menuju level yang lebih tinggi, sesuai target yang telah ditetapkan,” harapnya. (ain/nir)

  • Bagikan