Dispar Sultra dan BI Kolaborasi Kembangkan Pariwisata

  • Bagikan
Dispar Sultra saat mengunjungi Kantor Perwakilan BI Sultra. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sultra terus berkolaborasi untuk mengembangkan pariwisata di Bumi Anoa ini.


Sebagai upaya untuk melanjutkan kolaborasi tersebut, secara khusus, Selasa (31/1), pihak Dispar Sultra berkunjung ke Kantor Perwakilan BI Sultra yang disambut Manajer Fungsi Percepatan Pengembangan UMKM BI Sultra Taufik.


“Jadi ini bentuk kolaborasi antara Bank Indonesia dengan pemerintah daerah khususnya dinas pariwisata dalam mengembangkan perekonomian di Sultra khususnya yang terkait sektor pariwisata,” terang Taufik di kantornya kemarin.


Dikatakan, ada banyak program BI yang bisa dikolaborasikan dengan Dispar Sultra yang dapat direalisasikan dalam waktu dekat.


“Jadi ini terkait kegiatan pariwisata dalam rangka mendukung perekonomian. Dalam hal ini banyak sekali aspek yang di kerjasamakan dalam pengembangan sarana prasarana pendukung pariwisata, program pariwisata, ekonomi kreatif dan UMKM pendukung pariwisata. Jadi banyak sekali yang kita kerjasamakan,” jelasnya.


Sementara itu, Kepala Dispar Sultra Belli mengukapkan, pertemuan dengan BI sendiri untuk memudahkan pencapaian 6,6 kunjungan wisatawan di Sultra.


“Jadi itu target dari kementerian pariwisata. Dan harapan kita ada kolaborasi untuk saling mengisi apa-apa kegiatan kita yang mungkin kita belum ada pengalaman di situ tapi BI sudah ada pengalaman di situ, jadi kita bisa saling bertukar informasi,” ungkapnya.


Belli menambahkan, target 6,6 kunjungan wisatawan di Sultra merupakan urutan kedua di Sulawesi setelah Sulawesi Selatan (Sulsel).


“Dan tanggal 11 Agustus mendatang Sultra sendiri menjadi tuan rumah gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia,” paparnya. (r4/ada)

  • Bagikan