Tak Masuk JKN, Warga Kurang Mampu Disiapkan Kartu Sehat

  • Bagikan
Wagub Lukman Abunawas saat menunjukan Kartu Sultra Sehat. (FOTO: FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan Kartu Sultra Sehat untuk masyarakat kurang mampu yang tidak masuk daftar penerima jaminan kesehatan nasional (JKN).

“Jadi ada Kartu Sultra Sehat yang kita siapkan kalau ada masyarakat miskin yang sudah berapa kali dirawat di puskesmas atau bolak balik dirujuk dari desa ke puskesmas, dari desa ke rumah sakit kabupaten/kota dan bertahun-tahun tidak sembuh silahkan ke provinsi ada Kartu Sultra Sehat,” terang Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Lukman Abunawas, Rabu (1/2).

Dijelaskan, bagi masyarakat miskin yang ingin mendapatkan kartu tersebut, harus memiliki surat rekomendasi atau keterangan keluarga kurang mampu dari desa atau kelurahan setempat.

“Jadi lampirkan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Jadi ada kartunya,” ujarnya.

Mantan Bupati Konawe dua periode ini menambahkan, dalam program Kartu Sultra Sehat tersebut, dirinya selaku dewan pembina yang masuk dalam lima program Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN).

“Ini adalah program Sultra Sehat dan saya selaku dewan pembina dan juga bisa memantau kegiatan-kegiatannya. Jadi kita memberikan bantuan kepada masyarakat miskin dan tidak mampu untuk bebas perawatan dan pengobatan sampai di RS Bahteramas sebagai rumah sakit rujukan,” ungkapnya.

Mantan Jenderal ASN Sultra ini juga menyampaikan, bagi masyarakat yang terkendala biaya pengobatan dan tidak mampu, bisa menggunakan kartu tersebut melalui dinas kesehatan.

“Jadi di luar JKN maupun BPJS, kami Sultra siap, malahan ini banyak pesertanya karena dia betul-betul bebas mau dioperasi maupun dirujuk. Dan kemarin anggarannya Rp5 miliar tidak habis dan tahun ini naik lagi tapi ini untuk keluarga miskin,” tutupnya. (r4/ada)

  • Bagikan