PT Apollo Nickel Indonesia Peringati Bulan K3 Nasional 2023

  • Bagikan
PT. Apollo Nickel Indonesia saat melaksanakan Apel Bulan K3 Nasional Tahun 2023 di Muster Point Lapangan Serbaguna Site Waturambaha, Kecamatan Lasolo Kepualuan, Kabupaten Konawe Utara.

KENDARI, BKK – Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 yang berlangsung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2023, PT. Apollo Nickel Indonesia melaksanakan Apel Bulan K3 Nasional Tahun 2023 di Muster Point Lapangan Serbaguna Site Waturambaha, Kecamatan Lasolo Kepualuan, Kabupaten Konawe Utara (Konut).


Apel tersebut dihadiri oleh seluruh karyawan-karyawati, perwakilan mitra kerja, Perusahaan-Perusahaan yang tergabung dalam Sinar Jaya Group Milik H. Herry Asiku, SE dan stakeholder pemerintah setempat. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Ismail Moha selaku Direktur PT. Apollo Nickel Indonesia.


Sesuai dengan Kepmenaker R.I. No. 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 mengusung Tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.


Dalam rangkaian apel dilaksanakan pencanangan Bulan K3 Nasional, Ismail Moha sebagai Pembina Apel menyerahkan bendera K3 kepada Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. Apollo Nickel Indonesia sebagai tanda pemberian mandat untuk menerapkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap proses Produksi, selanjutnya bendera dikibarkan di depan seluruh peserta apel sebagai tanda meminta dukungan kepada seluruh karyawan untuk menjalankan/menerapkan K3 di tempat kerja secara konsisten dan berkelanjutan.


Ismail Moha mengatakan, PT. Apollo Nickel Indonesia sebagai perusahaan tambang dengan aspek K3 dengan risiko sangat tinggi, untuk itu penerapan K3 harus ditingkatkan dan harus menjadi bagian dari Budaya yang melekat pada setiap individu kapanpun dan di manapun, setiap proses mining harus mengedepankan Aspek keselamatan pertambangan melalui pendekatan Good Mining Practice.


“Saya berharap melalui momentum Bulan K3 ini agar dalam melakukan pekerjaan selalu memikirkan keselamatan diri sendiri maupun rekan kerjanya, pengawas yang bertugas di lapangan harus lebih peka terhadap lingkungan kerja, sehingga setiap proses produksi/oprational dapat berjalan dengan aman pada lingkungan kerja yang nyaman, dan terus dilakukan perbaikan pada kondisi-kondisi yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja,”. terang Ismail Moha.


Setelah pengarahan yang disampikan oleh pembina Apel dilakukan pula Penandatangan Komitmen K3L yang disaksikan oleh Kabid Disnaker Kabupaten Konawe Utara yang nantinya akan dilaksanakan penandatanganan Komitmen Bersama oleh seluruh Karyawan dan Mitra Kerja Menutup rangkaian Apel Bulan K3 Nasional Management perusahaan juga memberikan penghargaan (Safety Reward) kepada karyawan yang tertib K3 pada beberapa karyawan, selanjutnya dilaksanakan Lomba-Lomba diantaranya Rangking 1 K3, Lomba Yel-Yel Keselamatan, dan Sambung Kata, yang di ikuti oleh masing-masing perwakilan untuk memperebutkan hadiah menarik.


Selain Apel Bulan K3 Nasional, juga dilakukan kegiatan sosial yaitu Donor Darah yang bekerja sama dengan UTD PMI Sultra, para pendonor diberikan hadiah oleh panitia untuk menarik antusias para calon pendonor, kegiatan ini sukses dilaksanakan dengan jumlah kantong darah yang didapatkan sebanyak 75 kantong darah.


“Alhamdulillah jumlah kantong darah yang didapatkan sesuai dengan jumlah yang ditargetkan yaitu 75 Kantong darah, semoga ini dapat bernilai pahala bagi pendonor dan darah yang diserahkan dapat membantu para pasien yang membutuhkan, Aamiin,” kata M. Rabbil Albadri, ST Selaku KTT PT. Apollo Nickel Indonesia.


Disebutkan, kegiatan bulan K3 Nasional akan diakhiri dengan inspeksi bersama yang akan dilakukan pada tanggal 12 Februari 2023, dengan mengecek secara keseluruhan peralatan kerja, jalan hauling, loading point, dan lain-lain.


“Agar potensi bahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan tambang dapat diminimalisir secara dini,” tandasnya. (r4)

  • Bagikan