BPN Konsel Lakukan Gemapatas 2023 di Desa Watumeeto

  • Bagikan
Suasana Gema Patas 2023 di Desa Watumeeto Kecamatan Lainea. ANDOOLO, BKK - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), turut andil dalam kegiatan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas (Gemapatas) 2023 yang diluncurkan Kementerian ATR/BPN.

Kegiatan itu dipusatkan di Desa Watumeeto; Kecamatan Lainea; Kabupaten Konsel. Turut hadir Wakil Bupati Konsel Rasyid, Kepala BPN Konsel LM Ruslan Emba, Plh Sekab Konsel DR Sahlul, Kapolsek Lainea Heri, Camat Lainea, dan para kepala desa se-Kecamatan Lainea, Jumat (3/2).


Kepala BPN Konsel LM Ruslan Emba mengatakan, kegiatan pemasangan patok batas bidang tanah satu juta patok batas bidang tanah itu dilakukan serentak se-Indonesia. Yang nantinya, kata Ruslan, akan dicatatkan pada Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai pemasangan patok batas bidang tanah dengan jumlah terbanyak di Indonesia.


“Hari ini (kemarin, red) seremonialnya di Desa Watumeeto, nanti akan berlanjut di desa lain,” kata Ruslan.


Ia menjelaskan, upaya itu dilakukan guna mendukung program Gemapatas. Di Konsel sendiri rencananya akan dipasang patok yang tersebar di lokasi pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).


“Dalam salinan sambuatan Kementerian ATR/BPN berharap dengan program Gemapatas, seluruh masyarakat bisa memasang tanda batas di tanahnya masing-masing,” jelasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Konsel Rasyid menyambut baik program Gemapatas. Sebab, menurutnya, tanah merupakan aset yang memiliki nilai ekonomis, sehingga harus dijaga keberlangsungannya.


“Seperti tema dalam program Gemapatas ini yaitu pasang patok, anticekcok dan anticaplok. Jadi, bukan hanya administrasinya yang diurus, tapi juga dijaga aset tanahnya,” ujarnya. (ril/nir)

  • Bagikan