Pemkot Launching Tahapan HUT ke 192 Kota Kendari

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari menyerahkan SK petugas kebersihan kelurahan pada 3 orang tiap kelurahan, Jumat (3/2) (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melaunching tahapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 192 Kota Kendari di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Papalimba Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli, Jumat (3/2).


Launching tahapan HUT Kota Kendari juga dirangkaikan dengan peluncuruan aplikasi Layanan Unggul Berbasis Online (LULO) dan aksi bersih Teluk Kendari dengan konsep wisata pungut sampah.


Pejabat Wali Kota Kendai Asmawa Tosepu mengatakan, peluncuran tahapan HUT Kendari dan aksi bersih melibatkan ribuan peserta mulai dari masyarakat sekitar seperti anak-anak, para nelayan, hingga kepala organisasi perangkat daerah (OPD) serta TNI dan Polri.


Bahkan pada kesempatan itu juga, Pj Wali Kota Kendari menyerahkan SK petugas kebersihan kelurahan yang terdiri dari 3 orang setiap kelurahan. Petugas tersebut akan bekerja membantu pihak kelurahan menjaga kebersihan sebagai tugas pokok.


“Kita juga menyerahkan bibit pohon kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, untuk penghijauan usai pemerintah Kota Kendari memangkas dan menebang sekitar 1400 pohon oleh satuan tugas penataan Kota Kendari,” jelas Asmawa.


“Komitmen kami tidak hanya memotong dan memangkas, tetapi pada hari ini juga kita mulai menanam kembali. Kalau yang dipotong sampai kemarin 1400 sekian, maka hari ini kita secara simbolis menyerahkan 2 ribu pohon untuk ditanam kembali,” tambahnya.


Sementara, Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Ridwansyah Taridala menjelaskan, bahwa perayaan HUT Kota Kendari akan dilakukan secara sederhana namun melibatkan masyarakat Kota Kendari secara luas.


“Rangkaian HUT Kota Kendari sudah dimulai dengan khitanan massal, dilanjutkan dengan lomba olahraga, seni, budaya, puisi, mombesara dan menerima o sara, karnaval budaya dari seluruh paguyuban yang ada di Kota Kendari dan lomba mosolori. Kemudian akan ditutup dengan zikir Akbar tanggal 8 Mei 2023,” jelasnya.


Lanjut Asmwa, rangkaian HUT Kota Kendari juga akan diisi dengan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti operasi bibir sumbing dan nikah massal. (r1)

  • Bagikan