Pertamina Catat 19.375 Kendaraan Sudah Daftar Subsidi Tepat

  • Bagikan

KENDARI, BKK – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menyebutkan bahwa hingga Januari tahun 2023 terdapat sebanyak 19.375 kendaraan roda empat dan roda empat keatas telah terdaftar dalam program subsidi tepat.


Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Patra Niaga Sulawesi Taufik Kurniawan mengungkapkan, pendaftaran subsidi tepat terus meningkat dipengaruhi oleh populasi kendaraan yang semakin banyak tiap hari ada penambahan di Sulawesi Tenggara (Sultra).


“Jadi, untuk di Sultra terdapat 19.375 kendaraan teregister subsidi tepat terdiri dari 15.751 kendaraan bermesin bensin dan 3.625 kendaraan bermesin diesel,” ungkap Taufik saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (5/2).


Dijelaskan, hingga Januari 2023 penerapan subsidi tepat secara full sudah diujicobakan di 11 Kota dan Kabupaten di Indonesia, sedangkan di Sulawesi belum ada.


Taufik menuturkan, untuk kategori kendaraan didominasi oleh kendaraan pribadi dikarenakan memang kendaraan pribadi lebih banyak jika dibandingkan dengan angkutan umum.


“Dari data itu, kita bisa gambarkan bahwa antusiasme masyarakat cukup positif, hanya saja kurang dari separuh dari total populasi kendaraan yang ada diwilayah Sultra yaitu sekitar 40 ribu kendaraan.

Kebiasaan masyarakat mendaftarkannya suka di akhir atau sudah diberlakukan baru buru-buru mendaftarkan kendaraannya,” ujarnya.


Lanjut Taufik, kedepannya bagi masyarakat yang belum terdaftar pada program subsidi tepat akan diberlakukan berbeda supaya masyarakat bisa ikut mendaftar. Untuk penerapannya se-Indonesia belum karena masih menunggu revisi peraturan presiden.


“Jadi kami harapkan juga revisi peraturan presiden 191 tahun 2014 soal distribusi BBM diterapkan sesegera mungkin sehingga subsidi tepat semakin cepat terwujud,” ucapnya.


Taufik menambahkan, program subsidi tepat ini khusus untuk kendaraan roda empat keatas karena yang diberlakukan itu khusus roda empat, roda empat keatas dan roda dua itu belum diberlakukan.


“Untuk cara daftarnya gampang saja, bisa lewat web atau bisa langsung datang ke SPBU dan bagi yang sudah memiliki aplikasi My Pertamina bisa mendaftar di aplikasi tersebut,” tutupnya. (r5)

  • Bagikan