Hadapi Lomba ADWI dan API 2023, Pemkab Muna Siapkan Puluhan Desa Unik

  • Bagikan
Kadis Pariwisata Muna Ir H Syahrir MTP dan Ketua Dekranasda Muna Yanti Setiawati Rusman SE MSi menjadi permbicara dalam rapat koordinasi persiapan mengikuti ADWI dan API tahun 2023.

RAHA, BKK – Hadapi lomba Anugrah Dewa Wisata (ADWI) dan Anugrah Pesona Indonesia (API) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah menyiapkan puluhan desa unik.


Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Muna Ir H Syahrir mengatakan, bahwa ADWI dan API merupakan brand baru di Indonesia, untuk memajukan pariwisata di Indonesia.


“Kita akan daftarkan sejumlah desa di Muna untuk mengikuti ajang ADWI dan API tahun 2023. Ada banyak kreteria dalam ajang ini. Diantaranya kuliner, pesona bawah laut, brand pariwisata, minuman tradisional, dan makanan tradisional,” ujar Kepala Dispar Kabupaten Muna ini, Senin (6/2).


Jadi, kata dia, dalam pekan ini pihaknya mulai mendata sejumlah potensi unik disejumlah desa, untuk didaftarkan mengikuti lomba tersebut.


Sementara, Ketua Dekranasda Kabupaten Muna Yanti Setiawati Rusman mengatakan, bahwa harus ada dukungan dan kebijakan anggaran, agar Pemkab Muna bisa sukses mengikuti lomba ADWI dan API.


“Kalau kita melihat desa wisata daerah lain banyak dikunjungi, lantaran memiliki ciri khas yang hanya bisa ditemui di desa tersebut. Atau mesti ada juga di daerah lain, namun dengan penyajian yang berbeda dan unik, tentu ini bisa terlaksana jika ada dukungan anggaran,” tuntasnya. (tri/nir)

  • Bagikan