BMKG Ingatkan, Waspada Gelombang 4 Meter di Perairan Wakatobi dan Laut Banda

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang setinggi 4 meter (m) yang bisa terjadi di Perairan Wakatobi dan Laut Banda Sulawesi Tenggara (Sultra). Peringatan ini berlaku hingga 11 Februari 2023.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan, pola angin umumnya dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan 2-30 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Banggai.

“Dengan tinggi gelombang 2,5 meter sampai 4 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan Wakatobi bagian Timur dan Laut Banda Timur Sultra bagian Selatan. Kemudian tinggi gelombang 1,25 meter sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Banggai bagian Utara dan Selatan, Perairan Utara Wakatobi bagian Barat, Perairan Selatan Wakatobi bagian Barat, Perairan Baubau bagian Selatan serta Laut Banda Timur Sultra bagian Utara, Timur dan Barat,” urai Faizal, Rabu (8/2).

Faizal berharap agar masyarakat yang akan berlayar memerhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, di mana perahu nelayan waspada dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m.
Kemudian, kapal tongkang awas dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m. Kapal feri awas kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m.

Sementara, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar waspada dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada,” imbuh Faizal. (r4/ada)

  • Bagikan