62 Petugas Damkar Konsel Dinyatakan Lulus Latsar

  • Bagikan
Bupati Konsel saat sematkan baret kepada 62 Petugas Pemadam Kebakaran.

ANDOOLO, BKK – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga sematkan baret kepada 62 peserta yang dinyatakan lulus mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) petugas pemadam kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DamPen) Konsel, bertempat di halaman Kantor Bupati Konsel, Rabu (8/2).


Dikatakan, kegiatan ini merupakan wujud dari visi dan misi dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).


“Saya mengapresiasi para penyelenggara dan peserta pelatihan. Inilah salah satu wujud pemerintah menyiapkan SDM yang berkualitas untuk melayani masyarakat,” ungkap orang nomor satu di Konsel itu.


Ia menambahkan sebagai pelayan publik, pasukan terpilih tersebut juga dituntut paham teknologi. Karena hampir setiap aspek aktivitas pelayanan memanfaatkan teknologi.


“Bukan hanya di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, tapi seluruh aparatur harus melek teknologi dan digital,” imbuh Bupati Konsel 2 periode itu.


Sementara itu, Kadis DamPen Konsel Hasran Parenda menjelaskan, Latsar yang dilaksanakan adalah program kerja wajib, untuk meningkatkan kemahiran dan kepiawaian pasukan.


“Dimulai dengan kesamaptaan, kemudian ada pula pemberian edukasi dalam kelas. Pematerinya beragam kalangan, ada dari Kesbangpol, Basarnas, pihak Bandara Haluoleo, BKSDA, BKPSDM Konsel dan kerjasama lainnya,” ungkapnya.


Selanjutnya, kata dia, dilakukan pula kegiatan di luar kelas yakni long march dengan jarak kurang lebih 26 kilometer, dengan melewati 3 pos yang disiapkan.


“Puncaknya yakni tradisi pembaretan yang dilakukan secara simbolis oleh bapak bupati didampingi Plh Sekab, asisten, dan pejabat, kepada peserta Latsar,” ujarnya.


Ia berterima kasih kepada pimpinan daerah serta pejabat terkait, yang senantiasa mendukung serta ikut mengawal program tersebut.


“Insya Allah ini menjadi program kerja wajib. Setelah proses diikuti, peserta akan diberikan SK langsung oleh pak bupati, sebagai bentuk pengakuan kepada mereka,” tutupnya. (ril/nir)

  • Bagikan