Maksimalkan Pelayanan kepada Masyarakat, Disdamkarpen Konsel Bakal Betuk Relawan di Desa

  • Bagikan
Hasran Parenda.

ANDOOLO, BKK – Dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat tentang pencegahan dan keselamatan serta padamkan kebakaran dini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarpen) Konawe Selatan (Konsel) bakal bentuk relawan damkarpen di setiap desa.


Hal itu disampaikan Kepala Disdamkarpen Konsel Hasran Parenda, Senin, (13/2). Ia menjelaskan, relawan Damkarpen itu dibentuk guna menindaklanjuti arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, untuk segera membentuk relawan pemadam kebakaran dan penyelamatan di setiap desa berjumlah kurang lebih 5 orang.


Hal itu, lanjutnya, bertujuan membantu mewujudkan bantuan masyarakat dalam pencegahan terhadap kebakaran, serta penyelamatan maupun pemadaman kebakaran dini.


“Dalam waktu dekat ini kami akan turun membentuk relawan di setiap desa, apalagi anggota kami baru saja melakukan latihan dasar (latsar) yang pembaretannya dilakukan langsung oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga. Tentu, semua sudah punya kompeten dalam merekrut,” kata mantan Camat Angata itu.


Setelah terbentuk, tambah dia, relawan itu nantinya bakal diberi pelatihan, baik itu mental, skill dan jiwa korsa.


Dengan harapan, kata dia, relawan yang dibentuk itu mampu mengedukasi masyarakat, untuk pencegahan kebakaran di lingkup rumah tangga dan lingkungan.


“Tentu kami berharap relawan yang terbentuk ini dapat memberi edukasi kepada masyarakat dalam lingkup desa maupun setiap lingkungan,” harapnya.


Selain itu, lanjutnya, relawan Damkarpen ini juga bakal diedukasi tentang penyelamatan dan evakuasi dari binatang atau reptil yang dilindungi. Seperti, sebut dia, buaya, ular, lebah, dan monyet.


“Jadi fokus kami bukan saja tentang penyelamatan dari evakuasi, akan tetapi semua yang berhubungan tentang ancaman masyarakat baik itu, musibah tanah longsor, gempa bumi bahkan dari hewan buas,” pungkasnya. (ril/nir)

  • Bagikan