Pj Bupati Buteng Hadiri Kegiatan NIFW di Amerika

  • Bagikan
Pj Bupati Buteng saat berada di New York Fashion Week.

LABUNGKARI, BKK – Setelah menghabiskan anggaran hingga Rp1,2 miliar untuk membeli Jet Sky dalam rangka mengembangkan pariwisata di Buton Tengah (Buteng), kali ini Penjabat (Pj) Bupati Buteng Muhammad Yusup melakukan perjalanan dinas luar negri untuk melakukan promosi wisata.


Perjalanan ke Amerika dilakukan Pj Bupati Buteng tidak hanya sendiri melainkan di temani sang istri, yang menjabat sebagai Pj Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Buteng dalam rangka kegiatan New York Indonesia Fashion Week (NIFW).


“Iya-iya berangkat, tanggal 9 Februari 2023 kemarin. Itu dalam rangka rangkaian promosi wisata Buteng, kegiatannya itu kalau tidak salah NIFW, itu momen kegiatan internasional dimana kita berjuang untuk menjual potensi wisata kita ajang tersebut,” ujar Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buteng Kostantinus Bukide, saat dihubungi lewat telepon genggamnya.


Lebih lanjut, dia mengatakan, bahwa keberangkatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), ke Negeri Paman Sam itu menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023, sesuai mekanisme yang berlaku.


“Berangkatnya itu pake APBD daerah, pemberangkatannya itu sesuai mekanisme pemberangkatan pejabat negara, ada izin dari Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) secara tertulis. Sebelum izin ke luar itu kita sampaikan apa maksud dan tujuan ke sana (Amerika),” terangnya.


Rencanannya, kata dia, pak Pj Bupati Buteng akan berada di Amerika selama 1 minggu, dan izinnya sendiri dari Kemendagri sudah ada.


Berdasarkan hasil penelusuran awak media dalam situs sirup.lkpp Buteng ditemukan anggaran untuk belanja jasa penyelenggaraan acara NIFW melekat pada Dinas Pariwisata (Dispar) Buteng yang kegiatannya melalui tender, dengan total anggaran sebesar Rp.360.750.000.,-.


Sementara untuk perjalanan Dinas Luar Negri Pejabat Buton Tengah di atur dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 4 tahun 2023 tentang standar biaya umum dengan satuan biaya perjalanan dinas luar negeri per orang/kegiatan sebesar Rp100 juta.


“Perbup standar biaya umum nomor 4 tahun 2023, satuan biaya perjalanan dinas luar negeri per orang/kegiatan 100 juta. Sudah semua tiket dan akomodasi, kalau terpakai Rp50 juta, ya riil di SPJ sesuai tiket dan hotel,” ungkap Kabag Pembangunan Setda Buteng Syamsul. (cr1/c/nir)

  • Bagikan