Pemprov Sultra Buka Pendaftaran Honorer RS Jantung Oputa Yi Ko

  • Bagikan
Zanuariah. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka pendaftaran tenaga honorer yang akan bertugas di Rumah Sakit (RS) Jantung, Pembuluh Darah Dan Otak Oputa Yi Koo. Para pelamar hanya diberi waktu mendaftar selama dua hari yakni 14-15 Februari 2023.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra Zanuariah mengatakan, perekrutan tenaga honorer itu terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya Sultra saja.

“Untuk syarat-syaratnya yakni merupakan Warga Negara Indonesia, tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan. Selanjutnya bersedia ditempatkan di seluruh lingkungan RS Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo. Bagi pelamar jabatan tenaga kesehatan wajib memiliki STR yang masih berlaku atau surat keterangan pengurusan STR dari sumber primer, sertifikat kompetensi atau pengumuman lulus UKOM,” terang Zanuriah, Selasa (14/1).

Dikatakan, untuk formasi yang dibutuhkan yakni dokter umum sebanyak 19 orang, dokter gigi 1 orang, apoteker 6 orang, asisten apoteker 5 orang, perawat ahli (ners) 20 orang, perawat terampil 20 orang, perawat anestesi 1 orang, perawat gigi 2 orang, bidan ahli 4 orang, bidan pelaksana 5 orang, S-2 analis kesehatan 1 orang.

“Selanjutnya sarjana analis kesehatan 2 orang, asisten analis kesehatan 4 orang, S1 gizi 1 orang, D-III gizi 1 orang, keselamatan kerja 1 orang, fisioterapis 1 orang, terapi wicara 1 orang, ortotis protetis 1 orang, teknis elektromedis 4 orang, administrasi kesehatan 15 orang, tenaga transaksi keuangan 7 orang, rohaniawan 1 orang, psikologi 1 orang, kesehatan lingkungan 1 orang, epidemologi 1 orang,” ujarnya.

Tenaga lainnya yang juga dibutuhkan adalah rekam medis ahli 1 orang, rekam medis pelaksana 4 orang, tata boga 6 orang, pramusaji 6 orang, transporter 4 orang, teknik mekanik atau otomotif listrik 3 orang, perpipaan 2 orang, driver 5 orang, tenaga IT 15 orang, dan resepsionis 15 orang.

Diuraikan, untuk tahapan seleksi dimulai dengan pendaftaran online dan upload berkas pada 14-15 Februari 2023. Kemudian verifikasi berkas online 16-20 Februari, dan pengumuman seleksi administrasi 22 Februari 2023.

“Tes Kompetensi dengan sistem CAT 24 Februari sampai selesai pengumuman Hasil seleksi pada 6 Maret. Pendaftaran online pada laman resmi https://Rs-oputayikoo.my.id dilaksanakan mulai tanggal 14 sampai 15 Februari 2023. Jika pelamar sudah memenuhi kuota, pendaftaran akan ditutup sebelum tanggal yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Zanuriah menambahkan, untuk tata cara pendaftaran yakni setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://Rs-oputayikoo.my.id. Setelah masuk dalam link yang tersedia, setiap pelamar hanya boleh mendaftar satu formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.

“Selain dari kedua mekanisme tersebut, pendaftaran melalui mekanisme lainnya dinyatakan tidak berlaku dan tidak akan diproses, ” tegasnya.

Zanuriah mengimbau, agar seluruh pelamar tidak mempercayai apabila ada orang atau pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan imbalan sejumlah uang atau dalam bentuk lain. Sebab, dalam seleksi ini pelamar tidak dipungut biaya apa pun.


“Kelulusan adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan,” tandasnya. (r4/ada)

  • Bagikan