Tingkatkan Kualitas Beras Petani, Pemkab Konkep Bangun RMU

  • Bagikan
Kabid Distan Konkep, Udin. (F: HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI)

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pertanian, terus berupaya meningkatkan kualitas gabah dan beras para petani dengan membangun Rice Milling Unit (RMU) di beberapa lokasi potensi persawahan di Pulau Wawonii.


Kepala Dinas Pertanian Konkep H Muh Tahrir SP MMA melalui Kepala Bidangnya, Udin mengatakan, di 2023 ini Distan Konkep akan membangun RMU di Wawonii Tenggara, untuk mendukung dan menumbuhkan animo petani dalam menggarap potensi pertanian khususnya potensi padi sawah maupun padi ladang.


“Sebenarnya dari tahun 2022, mereka (petani padi) sudah mengusulkan pengadaan RMU ini, tapi belum bisa terealisasi karena keterbatasan anggaran,” ujarnya.


Insya Allah, kata dia, tahun ini akan dibangun untuk menumbuhkan animo masyarakat, khususnya para petani untuk mengelola potensi pertanian baik padi sawah maupun padi ladang.


Dia menyebut, bahwa Distan Konkep telah membangun 5 unit RMU dibeberapa lokasi potensi persawahan.


Yakni, sebut dia, di Desa Wawo Uso, Desa Wungkolo, Desa Labeau, Desa Ladianta, dan tahun ini di Desa Polara dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konkep. (ain/nir)

  • Bagikan