USN Kolaka Buka Kelas Kerja Sama Pascasarjana Bersama Unhas

  • Bagikan
Dekan Sekolah Pascasarjana saat menyosialisasikan program pascasarjana di USN Kolaka.

KOLAKA, BKK – Universitas SembilanBelas November (USN) Kolaka, resmi membuka kelas jarak jauh atau kelas kerja sama untuk Pascasarjana. Pembukaan Pascasarjana ini terealisasi berkat kerja sama USN Kolaka, dengan Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas).


Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas Prof dr Budu mengatakan, tak hanya di USN Kolaka, Unhas juga saat ini sedang melayani pembukaan kelas kerja sama di beberapa kampus lain di sulawesi.


Olehnya itu, ia berharap peningkatan kapasitas institusi di USN Kolaka dapat terjadi, guna mendukung Kemandirian kampus merah marun.


“MoU Kerja sama sekolah pascasarjana sudah banyak kampus yang kita ajak kerja sama, setelah USN ini banyak menyusul universitas yang ingin kerja sama dengan kami,” ujarnya saat ditemui disalah satu hotel di Kolaka, Selasa (14/2).


Seperti, sebut dia, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Kendari, dan masih banyak lagi.


Sementara, Rektor USN Kolaka Dr Nur Ihsan mengatakan, bahwa dari ke-13 program studi (prodi) yang tersedia tersebut, tidak semua akan dibuka di USN Kolaka, tergantung seberapa besar minat pendaftar untuk masing-masing prodi yang ada di kelas kerja sama ini.


Ia mengatakan, syarat minimal untuk dibukanya prodi apabila terpenuhi 10 pendaftar untuk setiap jurusan yang ada.


“Belum ada prodi yang pasti kita akan buka, nanti kita lihat berapa jumlah pendaftar di masing-masing prodi yang ada, kemudian kita akan bicarakan lagi antara Unhas dan USN. Jika syarat yang dibuat terpenuhi, yah pasti kita buka,” paparnya.


Dia menegaskan, bahwa keja sama ini USN Kolaka hanya memfasilitasi mahasiswa pascasarjana dalam proses pembelajaran.


“Nantinya, teknik pembelajaran mahasiswa baru (maba) akan dilakukan secara hybrid atau pembelajaran tatap muka dibarengi program pembelajaran E-Learning. Jadi, sistem perkuliahnya hybrid, jadi ada pertemuan offline dibarengi dengan E-Learning atau pembelajaran daring, jadi kita siapkan ruangan dan perangkat pembelajaran ada semua di dalam. Seperti komputer dan jaringan internet,” tuntasnya. (cr5/nir)

  • Bagikan