Layani Penukaran Uang Pecahan Kecil, BI Siapkan Rp500 Juta

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) berkomitmen untuk memaksimalkan uang yang beredar dengan kualitas terbaik. Olehnya itu, BI menyediakan sebanyak Rp500 juta per bulan untuk masyarakat yang mau menukarkan uang pecahan kecil.


Asisten Penyedia Perkasan KPwBI Sultra, Achmad Yulianto mengungkapkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menukarkan uang pecahan kecil, BI menyediakan Rp500 juta per bulan terutama bagi masyarakat yang menggunakan aplikasi “PINTAR”.


Lanjutnya, bagi masyarakat yang belum menggunakan aplikasi tersebut masih bisa dilayani hingga aplikasi itu benar-benar diwajibkan dan diharuskan sebagai satu-satunya media atau alat untuk penukaran di masyarakat.


“Untuk memenuhi kebutuhan uang kecil di masyarakat, kami menyediakan uang pecahan kecil mulai dari pecahan Rp20 ribu hingga Rp1.000,” ungkapnya, Rabu (15/2).


Dijelaskan, BI melaksanakan kas keliling yang merupakan kegiatan rutin setiap bulan, dengan modal kerja yang disiapkan yakni Rp500 juta. Kas Keliling juga membantu masyarakat untuk mendapatkan uang yang layak edar.


Selain dalam Kota Kendari, pihaknya juga melakukan Kas Keliling di Kabupaten Konawe, dan Konawe Utara (Konut) untuk menjaga peredaran uang layak di masyarakat lebih meningkat.


“Jadwal Kas Keliling bisa di cek pada akun media sosial instagram BI Sultra, batas penukarannya sendiri itu tidak ada,” ujarnya.


Dia menambahkan, tidak hanya melakukan penukaran uang, BI Sultra juga melakukan sosialisasi aplikasi “PINTAR” kepada masyarakat sehingga lebih melek teknologi.


“Kami berupaya memberikan edukasi pada masyarakat untuk mengerti dan menggunakan aplikasi PINTAR yang dapat bermanfaat melakukan penukaran uang layak edar,” tutupnya. (r5)

  • Bagikan