Rumuskan Rencana Pembangunan 2024, Pemkab Konkep Mulai Gelar Musrenbang Kecamatan

  • Bagikan
Wabup Konkep saat memberikan sambutan Musrembang Kecamatan Wawonii Barat dan Wawonii Tengah di Desa Langara Iwawo, Rabu (15/2). (FOTO: HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI)

LANGARA, BKK – Rumuskan rencana pembangunan tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Wawonii Barat dan Wawonii Tengah, yang dilaksanakan di Desa Langara Iwawo, Kecamatan Wawonii Barat, Rabu (15/2).


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Lutfi mengatakan, bahwa Musrenbang ini digelar sebagai upaya Pemkab Konkep, dalam mewujudkan pembangunan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat.


Sehingga, lanjutnya, pembangunan suatu daerah itu bisa menjadi pendorong dalam peningkatan ekonomi masyarakat.


“Hasil musrenbang ini nantinya kita akan bawa ke tingkat kabupaten, yang mana ini sebagai upaya kita dalam menyinkronkan atara skala prioritas yang ada di kabupaten dan yang ada di desa dan kecamatan. Sehingga ini tidak terjadi tumpang tindih antara skala prioritas desa dan kabupaten,” ujarnya.


Wabup 2 periode tersebut berharap, dengan dilaksanakan musrenbang ini apa yang menjadi hasilnya bisa direalisasikan, dan menjadi skala prioritas dalam pembangunan Konkep di 2024. Sehingga aspirasi masyarakat itu bisa terwujud.


“Kita mengadakan musrenbang ini jangan hanya untuk menggugurkan kewajiban kita saja yang diatur oleh undang-undang, tetapi kita harus serius dan fokus dalam merumuskannya. Sehingga, hasil musrenbang ini tidak hanya menjadi catatan-catatan yang tersimpan saja, tetapi hasilnya ini bisa terwujudkan,” harapnya.


Hal senada juga disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Konkep, Safiuddin Alibas, bahwa di 2024 nantinya skala prioritas pembangunan Konkep itu tetap sama seperti tahun sebelumnya, yakni melanjutkan Pembangunan Infrastruktur.


“Dimana infrastruktur yang akan dilanjutkan ini seperti Jalan Lingkar Konkep, infrastruktur pelabuhan, jembatan, irigasi, dan infrastruktur pelayanan dasar lainnya. Sedangkan disektor pariwisata, kelautan dan pertanian ini juga akan menjadi fokus kita. Karena potensi ketiga sektor ini sangat menjanjikan untuk dikembangkan di Konkep,” tutupnya. (ain/nir)

  • Bagikan