Hari ini, 210 Mahasiswa UHO Jalankan Program KM di SD dan SMP

  • Bagikan
Dr La Hamimu.

KENDARI, BKK – Sebanyak 210 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) mulai menjalankan program Kampus Merdeka (KM) angkatan V di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) baik negeri maupun swasta, sejak 20 Februari sampai 16 Juni 2023 mendatang.

Program KM angkatan 5 ini merupakan program nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Wakil Rektor (WR) II UHO, Dr La Hamimu mengatakan, bahwa KM angkatan 5 merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan.

Ia menjelaskan, terdapat 8 fakultas yang mengikuti program KM angkatan 5 ini, adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Farmasi (FF).

Selanjutnya, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITK).

“Jadi untuk peserta KM angkatan 5 ini, yakni FITK 1 orang, FEB 14 orang, FKM 2 orang, FF 2 orang, FP 3 orang, FISIP 11 orang, FMIPA 2 orang, dan FKIP 175 orang. Didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),” ujarnya, Jumat (17/2).

Ia menuturkan, 210 peserta KM angkatan 5 ini tersebar di 4 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Sedangkan satu daerah lagi di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ia mengungkapkan, 201 peserta KM angkatan 5 UHO menempati Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta di Kota Kendari. Lanjut dia, untuk 9 peserta KM itu menempati 4 daerah lainnya, yakni Baubau 4 orang, Wakatobi 2 orang, Konsel 2 orang, dan Kota Makassar 1 orang.

“Ada sekitar 142 SD dan 59 SMP negeri dan swasta di Kendari yang ditempati peserta program KM angkatan 5 Universitas Halu Oleo (UHO). Selebihnya tersebar di Baubau, Wakatobi, Konsel dan Makassar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Saemina berharap, 201 peserta KM angkatan 5 yang mengajar di Kendari bisa merealisasikan ilmu pengetahuan yang Sudah didapatkan di kampus.

“Saya juga berharap, peserta Kampus Mengajar (KM) ini bisa berkolaborasi dengan guru yang ada di satuan pendidikan, sehingga bisa membantu peningkatan pendidikan yang ada di sekolah,” tutupnya. (din/nan)

  • Bagikan