Dikmudora Kendari Kolaborasi dengan Kemenag Buat Soal US

  • Bagikan
Gedung Dikmudora Kendari

KENDARI, BKK- Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam pembuatan soal Ujian sekolah (US) 2022/2023.

Diantaranya, US Mata Pelajaran (Mapel) agama Islam, Kristen, Hindu, dan Agama Budha.

Kepala Dikmudora Kendari, Saemina SPd MPd mengatakan, bahwa Dikmudora Kendari dan Kemenag telah berkolaborasi terkait penyusunan soal US dan kisi- kisinya. Memang pembuatan US ini sudah sesuai dengan pembagian wilayahnya, sehingga 4 Mapel itu menjadi wewenang Kemenag.

Ia menjelaskan, penyusunan soal US ini merupakan program tahunan dan bentuk soalnya mengacu pada komponen konten literasi dan numerasi, untuk pelaksanaan US nanti Kendari berbasis digital.

“Penyusunan soal Ujian Sekolah (US) ini berbasis Highler Order Thinking (HOTS). Soal-soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi,” ujarnya baru- baru.

Sambung dia, dan kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat, menyatakan kembali, atau merujuk tanpa melakukan pengolahan.

Lanjut dia, untuk Mapel yang dibuat oleh Dikmudora Kendari, sebut dia, saat ini sudah dibuat dan sudah memasuki proses pengkajian atau pemeriksaan soal US dan kisi- kisinya.

“Untuk siswa agama Hindu, jumlah siswa setiap sekolah tidak merata sebarannya, ada yang satu orang dalam satu kelas dan terkadang tidak ada. Kalau agama Islam dan Kristen itu cukup banyak, tapi kita tetap membuatkan juga mereka soal US,” pungkasnya. (din)

  • Bagikan