April, Presiden Jokowi Dijadwalkan Bakal Resmikan Tiga Mega Proyek di Sultra

  • Bagikan
Asrun Lio. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadwalkan pada April mendatang Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan tiga mega proyek di Sultra yakni Jalan Wisata Kendari-Toronipa, Rumah Sakit (RS) Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo serta Perpustakaan Internasional. Ini bakalan menjadi kunjungan ke-8 Jokowi di Sultra selama menjabat sebagai Presiden RI.


Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra Asrun Lio mengatakan, saat ini pihaknya telah berbenah terkait peresmian tiga mega proyek di Sultra yang akan diresmikan Presiden Jokowi.


“Peresmian ini nantinya dirangkaikan dengan pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) tingkat Nasional ke-53 RRI tahun 2023 yang akan digelar di Kendari yang Insya Allah akan dibuka langsung presiden,” katanya, Selasa (21/2).


Dikatakan, dalam kedatangan presiden nanti pihaknya tidak akan sia-siakan, sebab pihaknya juga akan mengajukan usul peresmian tiga proyek strategis di Sultra.


“Dan jadwal kedatangan presiden ini pada tanggal 1 April,” ucap Jenderal ASN Sultra ini.


Diketahui, kunjungan pertama pada 6 November 2014 lalu, dalam rangka membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-12 Ikatan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama). Di sela kunjungan singkat selama 5 jam itu, Presiden Jokowi menyempatkan diri meninjau Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, yang diresmikan Presiden Soeharto pada 10 September 1990.


Kunjungan kedua pada 2 Maret 2019 di Kota Kendari. Kunjungan ini dilakukan di tengah masa kampanye pemilihan presiden (pilpres). Dalam kesempatan ini Jokowi mengikuti kegiatan jalan santai dan membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat.


Kunjungan ketiga terjadi pada 22 Oktober 2020, dalam rangka meresmikan Jembatan Teluk Kendari dan pabrik gula di Kabupaten Bombana.


Kali keempat pada 30 Juni 2021, Jokowi datang membuka Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta memantau secara virtual kegiatan vaksinasi serentak di 17 kabupaten/kota di Sultra.


Kunjungan kelima pada 27 Desember 2021, meresmikan pabrik smelter PT Gunbuster Nikel Industry (GNI) di Kawasan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), di Kabupaten Konawe. Sekaligus meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).


Sementara kunjungan keenam pada Kamis 9 Juni 2022 lalu yakni membuka penyelenggaraan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 Wakatobi. Pada kesempatan itu, presiden menggunakan motor listrik menuju ke lokasi pembagian sertifikat tanah secara door to door di kampung bajo mola.

Selanjutnya, presiden meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan yakni Tomia, Kaledupa, Binongko dan pengoperasian kapal feri antar pulau di pelabuhan rakyat wanci. Presiden juga melanjutkan aksi konservasi dengan pelepasan 112 ekor tukik di pantai patuno.


Kunjungan ketujuh pada Senin 26 September 2022 lalu memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Baubau dan Kabupaten Buton Selatan selanjutnya mengunjungi pabrik aspal di Kabupaten Buton, Selasa (27/9). (r4)

  • Bagikan