Tingkatkan Prestasi Atlet, Dispora Muna Benahi Sejumlah Fasilitas Olahraga

  • Bagikan
Rahmat Raeba SPd MM.

RAHA, BKK – Untuk memberikan kenyamanan dan meningkatkan prestasi atlet, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Muna benahi sejumlah fasilitas olahraga.


Sejumlah fasilitas olahraga yang akan dibenahi yakni kolam renang dan stadion dayung. Kemudian, lapangan futsal, arena olahraga bela diri seperti silat, karate, kempo, bola voli.


Kepala Dispora Muna Rahmat Raeba SPd MM mengatakan, fasilitas olahraga ini diperbaiki guna memberikan fasilitas yang layak bagi atlet renang, dayung, dan cabang olaraga (cabor) lainnya.


Apalagi, lanjutnya, Kabupaten Muna sebelumnya terkenal sebagai lumbung atlet berprestasi, yang tidak hanya di Sulawesi Tenggara (Sultra) bahkan nasional dan international seperti dayung, renang, silat, dan karate.


“Kita coba benahi pelan-pelan fasilitas olahraga yang ada di komplek Sarana Olahraga (SOr) La Ode Pandu Raha. Mulai dari lapangan futsal, cabang bela diri, dan bola voli,” ujarnya, Selasa (21/2).


Jadi, lanjutnya, kamar mandi, matras, sarana berlatih, hingga gedungnya sudah diperbaiki. Itu dilakukan, jelas dia, untuk memberikan rasa nyaman kepada seluruh atlet saat berlatih maupun bertanding di SOr La Ode Pandu Raha.


Khusus cabor dayung dan renang, Kadispora Kabupaten Muna ini mengatakan, akan melakukan perbaikan pada kolam renang dan arena dayung yang dibangun di era Bupati Muna Ridwan Bae.


“Karena, selama ini atlet kita latihan renang di permandian Jompi dan dilaut depan pantai Kota Raha. Jauh dari kata memadai, demikian juga dayung, para atlet kita berlatih di laut,” paparnya.


Karena butuh anggaran besar untuk merenovasi kolam renang dan arena dayung, Kadispora Kabupaten Muna ini mencari anggaran yang besumber dari APBN.


“Kami sedang mengusulkan anggaran di pemerintahan pusat soal anggaran rehap pembangunan kolam renang dan arena dayung. Mudah-mudahan ada kabar baik di 2023 ini. Tapi kalau perbaikan sarana olahraga cabor futsal, bela diri, dan voli insya Allah di 2023 ini,” tuntasnya. (tri/nir)

  • Bagikan