Bupati Konsel Resmikan Puskesmas Kolono dengan Status BLUD

  • Bagikan
Suasana peresmian Puskesmas Kolono.

ANDOOLO, BKK – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga meresmikan Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dengan status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kecamatan Kolono, Selasa (21/2).


Usai meresmikan Puskesmas tersebut, Bupati Konsel Surunuddin dalam sambutannya mengatakan, peningkatan fasilitas kesehatan di Konsel mendorong pemerataan pelayanan kesehatan, untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.


Hal itu, kata dia, sesuai visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemkab Konsel, yakni melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk masyarakat yang berkualitas.


“Jadi ini tantangan kita semua untuk meningkatkan kopetensi tenaga kesehatan kita, mengingat saat ini sistem peralatan kesehatan semakin canggih,” katanya.


Olehnya itu, tambah dia, mendorong peningkatan SDM tenaga kesehatan untuk menunjang fasilitas-fasilitas kesehatan yang telah disediakan.


“Fasilitas betul-betul kita maksimalkan. Mulai dari rumah sakit yang terus naik kelas, kemudian puskesmas-puskesmas telah banyak kita tingkatkan statusnya menjadi BLUD,” bebernya.


Bupati Konsel 2 periode itu sadar betul, jika masyarakat tidak mendapat fasilitas kesehatan yang baik, maka segala visi dan misi tidak berjalan optimal.


“Tugas kami pemerintah, bagaimana pelayanan kesehatan harus benar-benar memadai. Makanya sejak tahun pertama saya dilantik sebagai bupati, semua kita kerjakan sebaik mungkin,” ujarnya.


Masyarakat umum, kata dia, ingin nyaman dalam hal menerima pelayanan. Sehingga segala sarana dan prasarananya harus memenuhi kebutuhan tersebut.


“Alhamdulillah segala yang kita rencanakan dan kerjakan satu persatu terwujud. Jadi terobosan-terobosan di bidang kesehatan tak boleh setengah-setengah. Salah satunya, 5 puskesmas di Konsel kita dorong menerapkan BLUD,” ungkapnya.


Menurut mantan Ketua DPRD Konsel itu, sarana dan prasarana kesehatan yang baik harus diimbangi dengan SDM yang mumpuni. Untuk itu ia mengimbau tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan yang baik pula.


“Bila perlu setiap pasien yang datang langsung sembuh, karena senyum hangat dari perawat dan petugas kesehatan lainnya. Artinya, bukan hanya fasilitasnya ditingkatkan tapi kualitas SDM juga harus meningkat. Berilah masyarakat pelayanan maksimal,” pungkasnya. (ril/nir)

  • Bagikan