Tingkatkan PAD Bapenda Bakal Jalin Kerjasama dengan Minimarket

  • Bagikan
Muhammad Djudul. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menjalin kerjasama dengan minimarket. Dimana target PAD yang diberikan untuk semua sektor tahun 2023 ini sekira Rp1,134 Triliun.


“Jadi target PAD tahun ini untuk wilayah Sultra sekira Rp1,134 triliun untuk semua sektor pendapatan. Kita tentu optimis bisa mencapai target yang diberikan tahun ini. Untuk capaian tahun kemarin kita presentasenya sekira 95,93 persen dari target Rp1,1 triliun,” terang Kepala Bapenda Sultra Muhammad Djudul, Kamis (23/2).


Dikatakan, tentunya dalam upaya pencapaian target itu, pihaknya akan mengoptimalkan segala inovasi yang telah ada di Bapenda salah satunya pendekatan layanan.


“Bahkan kita akan upayakan tahun ini bekerjasama dengan beberapa minimarket di Sultra untuk sistem pembayaran pajak. Sehingga mereka nanti bisa menyampaikan kewajiban pajak retribusi melalui minimarket terdekat,” ujarnya.


“Ini salah satu bentuk pendekatan layanan yang kita hadirkan, juga masih akan kita optimalkan samsat Keliling, samsat drive thru dan beberapa inovasi lainya,” tambahnya.


Djudul menyampaikan, selain dari beragam inovasi yang kini telah ada dalam pelayanan pajak, pihaknya juga akan menggali seluruh potensi pendapatan agar orientasi nya terhadap capaian bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.


“Jadi itu yang akan kita genjot. Target kita bagaimana memetakan seluruh potensi pendapatan dengan daya dukung yang lain diantaranya sumber daya manusianya melalui teman-teman di lapangan,” paparnya. (r4)

  • Bagikan