BI Sultra Bangun Sinergitas Peningkatan Kualitas Data

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan data berkualitas berguna untuk mendukung pengendalian inflasi daerah yang fokus dan efektif.

Kepala KPwBI Sultra, Doni Septadijaya mengungkapkan bahwa kualitas data harga komoditas strategis daerah yang handal penting dalam menentukan arahan kebijakan yang efektif untuk mengendalikan inflasi di daerah, baik dalam jangka pendek hingga jangka panjang.

“Karenanya seluruh instansi berupaya untuk melakukan berbagai upaya salah satunya dengan menyediakan data berkualitas,” ungkapnya, Jumat (24/2).

Dia menuturkan, pentingnya data harga yang berkualitas dan handal mendorong sinergi antara BI, BPS dan Disperindag untuk melaksanakan Capacity Building Statistik Pengumpulan Data Harga pada Februari 2023.

Doni Septadijaya menyampaikan selain sebagai dasar pengambilan kebijakan pengendalian inflasi daerah, salah satu bentuk konkrit penggunaan data harga yang akurat adalah sebagai dasar kerjasama antar daerah (KAD).

“Indikasi kenaikan harga di suatu daerah dapat menjadi sinyal untuk menghubungkan daerah dengan harga komoditas yang lebih rendah atau stabil ke daerah yang memiliki harga yang lebih tinggi,” tandasnya. (r5/c/nan)

  • Bagikan