Pemda Muna Mulai Latih Operator Pabrik Jagung

  • Bagikan
Uji coba pengeporesian pemipilan jagung di Pabrik Jagung di Desa Bea, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna.

RAHA,BKK- Pemda Muna melalui Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP)! sudah menggelar pelatihan operator pabrik jagung yang berlokasi.di.Desa Bea Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna. Untuk tahap awal baru 8 orang operator yang dilatih mengoperasikan mesin pemipil jagung sampai proses pengeringan dan kemasan.


” Pelatihan operator pengoperasian pabrik jagung, sekaligus uji coba mesinnya. Mulai dari uji coba Jagung pakai tongkol, jagung kulit , pengeringan sampai pengemasan. Kemudian kulit jagung akan kita buat briket untuk kebutuhan tungku di pabrik jagung ini,” kata Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Muna, Anwar Agigi pada koran ini Jumat (24/2).


Kata Anwar Agigi, saat ini ada 8 orang operator yang dilatih. ” Tahap awal ini kita latih 8 orang tenaga operator. Semua putra daerah setempat yang kita latih jadi operator termasuk ada beberapa oang PNS.

Mereka ini dilatih mulai dari pengoperasian mesin pemipil sampai pengemasan. Agar nanti begitu kita mulai produksi jagung, jika ada masalah, mereka sudah bisa atasi sendiri,” tambah Anwar Agigi.
Kata Anwar Agigi, pada trip pertama ini para operator dilatih untuk memproduksi makanan ternak.

Sedangkan pada trip kedua nanti akan dilatih untuk memproduksi makanan dan minuman. ” Pada trip pertama ini para operator dilatih untuk memproduksi pakan ternak. Nanti ada trip kedua baru dilatih untuk memproduksi makanan dan minuman. Seperti gula jagung, tepung jagung, keripik jagung, minyak jagung dan makanan lainnya,” pungkas Kadis TPHP Kabupaten Muna ini.(tri)

  • Bagikan