Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Alami Kenaikan di Pasar Tradisional Kota Kendari

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Dari pantauan beberapa pasar tradisional di Kota Kendari, harga pangan mulai merangkak naik menjelang Ramadhan tahun 2023 ini. Kenaikan tersebut dipicu oleh ketersediaan stok yang kurang.


Salah seorang pedagang sembako di Pasar Mantan Kendari, Marnia mengungkapkan bahwa saat ini penjualan telur dan beras sudah mengalami kenaikan. Harga telur 1 rak seharga Rp50 ribu, ukuran sedang meningkat menjadi Rp55 ribu. Sedangkan untuk ukuran besar atau jumbo dari Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu.


“Dirinya menaikan harga karena menjelang bulan puasa ramadan pasti tingkat kebutuhan masyarakat meningkat,” ungkapnya, Minggu (26/2).


Dia menuturkan, salah satu faktor yang memicu kenaikan juga akibat meningkatnya mobilisasi karena kenaikan harga BBM yang berdampak pada biaya distribusinya.


Selain itu, untuk beras memang sudah mengalami kenaikan sejak bulan lalu, karena faktor waktu panen.
Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Baruga, Asna mengatakan, saat ini dirinya menjual sembako dengan harga yang sudah naik. Untuk harga komoditi minyak goreng meningkat dari harga 1 liter Rp15 ribu menjadi Rp18 ribu, bahkan mencapai 20 ribu.


Asna menambahkan, untuk harga beras ukuran 5 kg mengalami kenaikan dari Rp50ribu menjadi Rp55 ribu, bahkan ada yang mencapai Rp65 ribu, sedangkan ukuran 10kg sebeelumnya Rp105 ribu, kini menjadi Rp120 ribu.


“Kami belum tahu pastinya, ketika mendekati bulan puasa ada kemungkin kenaikan, biasanya sekitaran satu minggu bakal mengalami kenaikan,” tutupnya. (r5)

  • Bagikan