Edukasi Nelayan, Pemkab Konkep Gandeng Para Angler

  • Bagikan
Suasana Wisata Pantai Kampa saat penutupan Wawonii Festival Mancing Tahun 2022.

Adakan Wawonii Festival Mancing

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bersama beberapa komunitas mancing di Pulau Wawonii, kembali mengundang para angler se-Sulawesi. Mereka diundang untuk mengikuti Wawonii Festival Mancing 2023 yang akan digelar selama tiga hari yang dimulai 10 Maret 2023.

Mahmud SP MPW selaku ketua panitia mengatakan, Wawonii Festival Mancing yang kini masuk dalam agenda tahunan Pemkab Konkep, diadakan untuk mempromosikan potensi perikanan dan kelautan. Selan itu, juga sebagai salah satu upaya edukasi masyarakat khususnya para nelayan untuk tetap menjaga kelestarian biota laut, dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan tahun kedua dalam pelaksanaannya. Nantinya festival mancing ini akan dilaksanakan di Pantai Kampa dimulai tanggal 10 hingga 12 Maret mendatang,” ujarnya, Senin (27/2).

Lebih lanjut, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep tersebut menjelaskan, selain memberikan edukasi kepada masyarakat nelayan terkait pentingnya menjaga ekosistem laut, festival mancing tersebut juga digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Konkep ke-10.

“Potensi yang kita miliki di sektor kelautan ini sangat besar dan melimpah. Akan tetapi, jika potensi laut yang besar, kaya dan melimpah ini tidak dijaga, maka ekosistem lautan kita akan rusak dan akan berakibat pada hilang dan matinya ikan-ikan yang berada di perairan Pulau Wawonii ini. Sehingga, ini wajib kita jaga, lindungi dan lestarikan ekosistem laut kita ini” jelasnya.

Disebutkan, pendaftaran festival mancing ini dibuka untuk masyarakat umum, yang mana pendaftarannya telah dibuka dari 14 Februari hingga 5 Maret mendatang. Nantinya para peserta akan memperebutkan hadiah dengan total Rp100 juta.

“Tahun lalu peserta mancing modern itu diikuti 229 peserta dan pemancing lokal 184 peserta. Di mana dengan total hadiah yang cukup besar ini dan eventnya se-Sulawesi, kita berharap pesertanya akan jauh lebih banyak. Nantinya perlombaan mancing ini akan dibagi dalam dua kategori yakni kategori mancing modern dan mancing tradisional (lokal),” tuturnya.


Dia berharap, dengan diadakannya Wawonii Festival Mancing 2023 ini, bisa menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang akan menikmati indahnya laut, pantai, maupun spot-spot wisata lainnya yang ada di Konkep.


“Saya mengajak semua masyarakat untuk menyukseskan kegiatan Wawonii Festival Mancing ini, karena melalui kegiatan ini kita bisa mempromosikan daerah kita sebagai daerah yang kaya akan sumber daya kelautan,” tuntasnya. (ain/ada)

  • Bagikan