UHO Kembali Buka Pendaftaran PMW

  • Bagikan
Gedung Rektorat UHO.

KENDARI, BKK- Universitas Halu Oleo (UHO) kembali membuka pendaftaran program mahasiswa wirausaha (PMW) sejak 14 Februari sampai dengan 14 Maret 2023.

Ketua Pokja Pengembangan Kewirausahaan UPT PK2M UHO Amin Tunda mengatakan bahwa di 2023 ini, Kampus Hijau yang dipimpin Prof Zamrun itu menyiapkan dana PMW senilai Rp1,4 miliar. Anggarannya lebih besar dibanding 2022 yang hanya Rp1,2 miliar.

“Ada lima bidang usaha yang akan diakomodir dalam program ini, yakni makanan dan minuman, produksi/budidaya, industri kreatif, jasa dan perdagangan, dan teknologi/digital,” ujarnya baru- baru ini.

Ia menjelaskan, UPT PK2M UHO memberikan kesempatan kepada mahasiswa aktif angkatan 2020, 2021, dan 2022 yang memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75. Mahasiswa yang dibolehkan ikut program tersebut, tidak mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) tahun ini.

Selain itu, beber dia, mahasiswa yang mengikuti program tersebut belum pernah memperoleh bantuan modal PMW sebelumnya dan memiliki lokasi usaha di dalam Kota Kendari.


Peserta juga ditekankan memiliki ide usaha yang akan dibuat atau pun telah memiliki usaha. Ide atau usaha yang dimiliki dituangkan dalam proposal usaha perorangan yang akan dipresentasikan saat seleksi.

“Nantinya mereka akan mengikuti program ini, terlebih dahulu akan menjalani seleksi tiga tahap untuk mengisi 186 kuota yang disiapkan UPT PK2M UHO. Tahapan seleksinya pertama seleksi berkas, kemudian tes tertulis, dan wawancara,” ucapnya.

Mahasiswa yang dinyatakan lolos akan mendapatkan bantuan usaha senilai Rp7,5 juta-Rp8 juta, tergantung jenis usaha yang diusulkan dalam proposal.

“176 peserta mendapatkan Rp7,5 juta dan ada 10 peserta yang Rp8 juta, tergantung jenis usaha dan kebutuhannya. Selain bantuan usaha, peserta terpilih juga bakal mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk mendukung usaha yang akan dijalankan,” pungkasnya.

Diketahui, untuk program ini, UPT PK2M UHO membuka pendaftaran melalui bit.ly/PMWUHO2023 atau melalui media sosial maupun nomor kontaknya di 085156186209. (din/ada)

  • Bagikan