Gubernur Ingatkan Dishub Perhatikan Kebutuhan Terminal

  • Bagikan
Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah) saat meresmikan secara langsung Terminal Tipe B Wasaga Kabupaten Buton. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi SH, mengatakan bahwa terminal dibangun untuk mendukung perencanaan dan manajemen lalu lintas, menata lalu lintas, dan sebagai pengendali arus angkutan umum. Tiga fungsi itu mesti diperhatikan dinas perhubungan (dishub) selaku penyelenggara terminal.


“Saya mengingatkan kembali kepada Dinas Perhubungan Provinsi Sultra selaku penyelenggara terminal untuk sungguh-sungguh memperhatikan kebutuhan ketiga unsur tersebut,” kata Ali Mazi saat meresmikan Terminal Tipe B Wasaga Pasarwajo Kabupaten Buton, Selasa (28/2).


Dikatakan, kehadiran terminal diharapkan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah. Namun, hal itu dapat terwujud bila pengelolaannya berjalan dengan baik.


“Keberlanjutan penyelenggaraan terminal dioptimalkan sesuai fungsinya, sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan,” pesannya.


Sementara itu, Terminal Wasaga yang baru diresmikan, menurut Ali Mazi, akan menjadi simpul angkutan transportasi jalan untuk menghubungkan antar pusat-pusat kegiatan di wilayah Kota Baubau, Pasarwajo, Lasalimu, Kamaru, Lawele, hingga Ereke.


“Ini menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Provinsi Sultra, dengan total anggaran, sebesar Rp22,2 miliar,” ungkapnya.


Di tempat yang sama, Kepala Dishub Sultra Muhammad Rajulan menyebut, pembangunan Terminal Wasaga dilakukan sebanyak tiga tahap di atas lahan seluas 1 hektare. Setelah diresmikan, menurutnya, kini terminal tersebut menjadi ikon simpul transportasi di Sultra.


“Jadi terminal ini sebagai transportasi antar kabupaten/kota. Kami berharap dengan terbangunnya gedung ini antardaerah bisa saling terhubung dan memupuk pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan konektivitas transportasi regional,” pungkasnya. (r4/ada)

  • Bagikan