Pemprov Salurkan Bantuan kepada Kelompok Tani dan Peternak

  • Bagikan
Gubernur Sultra saat menyalurkan bantuan kepada kelompok tani dan kelompok ternak kepada penerima bantuan di Kabupaten Buton. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan bantuan kepada kelompok tani dan peternak yang ada di kabupaten Buton, Selasa (28/2).

Bantuan itu diserahkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada para petani dan peternak.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra Dr La Ode Muhammad Rusdin Jaya mengatakan untuk bantuan tanaman pangan pihaknya menyerahkan bantuan pengembangan kawasan kedelai seluas 733 hektare (ha) yang terdiri benih kedelai 36,650 kilogram (kg), pupuk NPK non subsidi 36,650 kg, pupuk hayati 2,199 liter dan pestisida/herbisida 733 liter.

Untuk penerima bantuan, sambung dia, terdiri dari Kelompok Tani (Poktan) perintis Desa Wajah Jaya Kecamatan Lasalimu Selatan dengan ketua Siswoyo.

“Bantuan pengembangan kawasan padi kaya gizvbiofortifikasi seluas 100 ha yang terdiri benih padi sebanyak 2,500 kg, pupuk NPK non subsidi 10,000 kg, pupuk hayati 300 liter dan pembenah tanah organik 100 paket. Dengan penerima Poktan Kambonua Desa Benteng Kecamatan Lasalimu, Ketua Hartono,” ujarnya.

Rusdin menambahkan, sementara untuk bantuan pengembangan kawasan padi lahan kering dengan luas 100 ha yang terdiri dari benih padi4,000 kg, pupuk NPK non subsidi
pestisida 10,000 kg dan pestisida 100 paket dengan penerima poktan sopongiro Desa Sumber Sari Kecamatan Siontapina dan Ketua Kateno.

“Bantuan benih jagung 300 ha dengan penerima poktan wakabente Desa Gunung Jaya Kecamatan Siontapina, Ketua La Dode. Power threserimesin perontok padi tiga unit dengan penerima poktan sriwijaya Desa Wajah Jaya Kecamatan Lasalimu Selatan, Ketua Jiono,” ungkapnya.

“Kemudian bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tersier tiga unit, Irigasi perpompaan satu paket, irigasi perpipaan satu paket dan embung pertanian dua unit. Semua diterima oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton,” tambahnya.

Rusdin bilang, khusus untuk bantuan ternak yakni sapi sebanyak 20 ekor, kambing 50 ekor yang diterima langsung Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton didampingi calon penerima kelompok ternak Toli Toli Jaya, LA ALADI.

“Sementara untuk bantuan vaksin PMK sebanyak 14.500 dosis diterima oleh Dinas Pertanian Kabupaten Buton, An. dr Hewan Jusriati. Selanjutnya bantuan jalan usaha tani sepanjang 971 meter diterima oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton. Bantuan pupuk cair sebanyak 500 liter diterima oleh kepala dinas pertanian kabupaten buton. Dan untuk total bantuan yang tersebar di kabupaten Buton ini sekitar Rp2 miliar sampai Rp3 miliar,” paparnya. (r4/e/nan)

  • Bagikan