2 Ribu Bibit Pohon Pengganti Disiapkan Pemkot

  • Bagikan
Asmawa Tosepu (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Sebanyak 2.000 bibit pepohonan disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, guna menggantikan pohon-pohon tua yang telah ditebang satgas penataan kota belum lama ini.

Penyediaan bibit tersebut sebagaimana janji dan komitmen Pemkot Kendari yang siap memperbaharui pohon-pohon tua yang telah ditebang di sejumlah sisi jalan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Rabu (1/3), mengatakan bibit pohon yang diperoleh dari Jawa Timur itu telah dianggarkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023.

“Pohon yang akan kita tanam di beberapa titik sudah ada di Kendari. Tapi karena perjalananya jauh dari Jawa Timur, sekarang dalam posisi pemulihan. Insya Allah penanaman pohon akan dilakukan pada hari peduli sampah nasioanl yang dipusatkan di Kendari,” ujar Asmawa.

Dikatakan, penanaman 2.000 pohon nanti diharapkan bisa bersinergi dan berlanjut sesui yang dicanangkan pemerintah yakni gerakan 1 juta pohon.

“Saya ingin mencanagkan di tahun 2023 ini ada gerakan penanaman 1 juta pohon. 1 juta itu tidak hanya pohon-pohon yang ada di sekitaran kota, tetapi kita ingin juga memanfaatkan lahan-lahan tidur dengan menanam pohon-pohon produktif seperti buah-buahan,” tutupnya. (r1/ada)

  • Bagikan