IHSAN RIDWAN BATAL TAMPIL DI PILKADA 2024 MUBAR

  • Bagikan
La Ode Darwin.

KENDARI, BKK- LM Ihsan Taufik Ridwan memutuskan tidak akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muna Barat (Mubar) pada 2024 mendatang. Untuk itu, putra Ridwan Bae ini secara terbuka telah menyatakan dukungannya kepada bakal calon lain, yakni La Ode Darwin, untuk menjadi Bupati Mubar

.
Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo Khabirun menilai dukungan Ihsan tersebut semakin menambah kekuatan Darwin. Apalagi, jika nantinya Golkar juga bisa menjadi salah satu partai politik pengusung Darwin di Pilkada Mubar.


“Darwin merupakan pendatang baru di dunia politik karena latar belakangnya sebagai pengusaha. Posisi itu (dukungan Ihsan) menjadikannya semakin kuat. Apalagi jika dia bisa menggantikan Ihsan mengendarai Partai Golkar,” ujar Khabirun, Rabu (1/3).


Menurut dia, ada sederet hal membuat Darwin layak memimpin Mubar. Di antaranya, Darewin merupakan pengusaha yang sukses dirantau, memiliki banyak jaringan, memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, muda, dan visioner.


“Hal-hal itulah menjadi kekuatan Darwin, yang patut diperhitungkan bagi calon lain,” ucap Khabirun. “Saat ini siapa saja memiliki peluang yang sama, hanya saja nama La Ode Darwin bisa menjadi kuda hitam, karena posisinya menggantikan Ihsan,” sebutnya.


Meski begitu, menurut dia, tanpa kehadiran Ihsan di Pilkada Mubar, juga telah membuka peluang bagi bakal calon lain untuk bisa bertarung habis-habisan. Karena-masing-masing bakal calon memiliki peluang sama, hanya saja Darwin mendapat suntikan dukungan dari Ihsan, yang notabene memiliki basis massa yang besar di Mubar.


“Saat ini siapa saja memiliki peluang yang sama, hanya saja nama La Ode Darwin bisa menjadi kuda hitam, karena posisinya menggantikan Ihsan,” terang Khabirun.


Menurut dia, perhelatan Pilbup 2024 Mubar akan diisi sederet putra-putri daerah yang merupakan petarung-petarung andal, memiliki kemampuan, basis masa, kekuatan finansial, jiwa yang visioner, dan merakyat.


“Sejauh ini sudah ada beberapa bakal calon yang mencuat, seperti La Ode Darwin, LM Taufan Alam, Munarti, Bahri, dan Amsar. Sederet nama ini merupakan para tokoh yang mampu memberikan wajah baru dan perubahan yang lebih baik untuk Mubar,” katanya.


Diberitakan, keputusan mendukung Darwin pada Pilkada Mubar, disampaikan Ihsan pada 14 Februari 2023.


Ihsan mengaku, melalui Rapimda Partai Golkar, dirinya didorong untuk bertarung di Muna, bukan Mubar.
“Saya ingin menyampaikan, bahwa saya bersama-sama dengan bang Darwin (di Pilkada Mubar),” ujar Ihsan saat bertemu Darwin.


Dikatakan, dirinya berkunjung ke Mubar untuk pamitan kepada simpatisan sekaligus meminta restu untuk bertarung di Muna.


“Dalam waktu dekat ini, saya akan turun (ke Muba), kalau perlu bersama-sama bang Darwin. Saya akan sampaikan kepada mereka sekaligus saya akan pamit,” tandas Ihsan. (m1/man)

  • Bagikan