Nurlin Surunuddin Sosialisasikan Perda Penyelengaraan Ketahanan Pangan di Konsel

  • Bagikan
Suasana sosialisasi Perda Terkait Penyelengaraan Ketahanan Pangan.

ANDOOLO, BKK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Nurlin Surunuddin, menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Sultra terkait penyelenggaraan ketahanan pangan di Desa Aosole; Kecamatan Palangga; Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), bertempat di Balaia Desa Aosole, Selasa, (28/2).


Ia mengatakan, dirinya memilih warga Desa Aosole sebagai sasaran utama sosialisasi Perda Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ketahanan Pangan, karena wilayah itu menjadi bagian dari desa yang memiliki potensi ketahanan pangan.


“Saya pilih Desa Aosole ini, karena memiliki potensi sumber pangan yang baik. Tentu saja tanpa menapikan sumber pangan dari desa yang lain,” kata istri Bupati Konsel itu.


Ia juga menjelaskan, Perda penyelenggaraan ketahanan pangan dinilai sangat penting untuk diketahui dan diterapkan.


Mengingat, sambung dia, Kabupaten Konsel sudah lama menjadi daerah penopang kebutuhan pangan bagi masyarakat Kota Kendari bahkan daerah lainnya, sehingga membutuhkan perhatian dari semua pihak.


Anggota Komisi IV DPRD Sultra itu mengungkapkan ketersediaan pangan di seluruh desa akan membuat masyarakat terhindar dari bahaya kelaparan. Apalagi, akhir-akhir ini sering terjadi bencana.


“Soal pangan, tidak sekedar bicaraa gizi dan penanganan stunting, tapi yang tak kalah penting lagi adalah memastikan ketersediaan pangan dalam jangka menengah dan panjang,” jelasnya.


Dikesempatan itu, ia menerima sejumlah aspirasi dari masyarakat yakni usulan warga untuk pengadaan sumur bor, perbaikan rumah ibadah, dan pengaspalan jalan serta Jalan Usaha Tani (JUT)
“Insya Allah, di 2023 ini juga sumur bor kami upayakan, tapi khusus jalan usaha tani harus disurvei terlebih dahulu, dan yang harus kita syukuri adalah proses pengaspalan Desa Aosole akan segera terwujud sebagai pendukung akses pangan kita,” pungkasnya.


Diketahui, kegiatan sosialisasi Perda itu dibuka oleh Camat Palangga Muh Syahrullah Ansyari Tawulo, menghadirkan pemateri dari Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Konsel Abu Bakar.


Kegiatan sosialisasi ini turut dihari oleh babinkamtibmas, tokoh masyarakat, dan tokoh agama, serta ratusan warga Desa Aosole.


Sekaligus dirangkaikan pengukuhan Kelompok Wanita Tani Desa Aosole dan menyerahkan bantuan seragam untuk Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Desa Aosole. (ril/nir)

  • Bagikan