Pj Wali Kota Kendari Dedikasikan Piala Adipura ke 11 Untuk Masyarakat Kendari

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari menyerahkan piala adipura kepada wakil rakyat dalam hal ini DPRD Kendari, Rabu (1/3) (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Pejabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mendedikasikan piala adipura ke 11 tahun 2022 yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk masyarakat Kendari yang sadar akan kebersihan.


Menurutnya, penghargaan adipura di bidang penataan lingkungan, pengelolaan kebersihan, dan pengelolaan sampah tidak akan berhasil jika tidak diikuti kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.


“Sesungguhnya, piala Adipura ini didekasikan untuk masyarakat Kendari. Tapi tidak lupa Pemkot Kendari mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam penghargaan ini. Mulai dari petugas kebersihan, forkopimda, organisais perangkat daerah (OPD), swasta, sampai lembaga sosial masyarakat,” kata Asmawa, Rabu (1/3).


Keberhasilan Pemkot Kendari meraih adipura, lanjut Asmawa karena beberapa parameter yang berhasil dijalankan pemerintah. Mulai dari kebijakan yang dikeluarkan, kebijakan yang ditetapkan, dan dukungan alokasi pembiayaan dalam APBD.


“Kebijakan yang ada jelas, dimana pada akhir tahun 2022 kita langsung bentuk satgas penataan kota yang salah satu divinsinya adalah kebersihan. Kemudian, kita juga didukung DPRD Kendari mulai dari perubahan APBD dengan mengunakan BTT sampai alokasi anggaran 2023 yang singnifikan bidang kebersihan dan lingkungan,” jelas Asmawa.


Atas penghargaan yang sudah didapat, Asmawa meminta semua pihak untuk tidak terlena, tetapi harus dijadikan sebuah motivasi lebih untuk meningkatkan kinerja. Khususnya bagi para petugas kebersihan yang nanti akan diberikan penghargaan.


“Jadi petugas kebersihan saya beri waktu 3 bulan untuk mningkatkan kinerja. Kalau itu bisa dilakukan, tentu akan kita beri apresiasi (reward) dalam bentuk penambahan insentif. Kemudian untuk para lurah ini menjadi penilaian kinerja. Bagi yang berprestasi akan kita promosikan,” katanya.


Sementara, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kendari Abdul Razak mengaku senang dengan penghargaan yang didapat Pemkot Kendari yang ke 11 kalinya. Menurutnya, penghargaan yang didapat adalah pengakuan dari pemerintah pusat berdasarkan penilaian.


Apalagi lanjut Razak, memperoleh penghargaan ke 11 tidak semudah yang dibayangkan. Jadi memang telah terjadi perubahan luar biasa di bawah kepemimpinan pak Asmawa selaku Pj.


“DPRD sangat mengapresiasi penghargaan ini. Insya Allah kedepan, DPRD akan selalu mensuport baik dalam penggangaran. Kita tentu berharap, kedepan Pemkot Kendari lebih kompak dalam mengatasi masalah kebersihan,” tutup Razak. (r1)

  • Bagikan