Dinsos Siap Tata Makam Oputa Yii Koo

  • Bagikan
Kepala Dinsos Sultra Pahri Yamsul didampingi Kepala Dinsos Kota Baubau Hanarudin saat meninjau lokasi makan Oputa Yii Koo, Rabu (1/3). (FOTO: FAYSAL/BKK)

Bakal Jadi Tujuan Wisata dan Belajar Sejarah

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui dinas sosial (dinsos), bakal melakukan penataan di sekitar makam Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi Oputa Yii Koo (Sultan ke XX dan XXII) yang berlokasi di Benteng Keraton Buton Kota Baubau.


“Salah satu program dinsos itu adalah terkait bagaimana makam Oputa Yii Koo ada rasa penghargaan kita di Sulawesi Tenggara sebagai pahlawan nasional. Sehingga dinas sosial telah memprogramkan untuk memperbaiki kawasan sekitar makam tersebut,” terang Kepala Dinsos Sultra Pahri Yamsul usai meninjau lokasi makan Oputa Yii Koo, Rabu (1/3).


Mantan Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra ini mengatakan, jika kawasan makam itu ditata maka nantinya akan menjadi salah satu tujuan wisata. Pihaknya pun menyiapkan anggaran penataan tahap pertama senilai Rp750 juta.


“Kawasan tersebut akan dikasi bagus dan kasih indah. Mudah-mudahan dengan anggaran yang tersedia di dinas sosial bisa saling menunjang antara Masjid Keraton, Baruga Keraton, patung Oputa Yii Koo dan makam Oputa Yii Koo menjadi tujuan wisata,” ungkapnya.


Pahri menambahkan, anggaran tersebut akan difokuskan untuk penataan ruang terbuka hijau di kawasan sekitar makam tersebut.


“Harahap kami ini selain penghargaan terhadap pahlawan nasional kita dari Sultra, juga menjadi tempat belajar sejarah bagi masyarakat Sultra dan bagi anak-anak didik kita di sekolah-sekolah. Juga tentunya untuk menghasilkan ikon Kota Baubau sehingga berdampak kepada berkembang ekonomi masyarakat kita,” pungkasnya. (r4/ada)

  • Bagikan