Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat, Puskesmas Tinanggea Hadirkan Pemeriksaan USG bagi Bumil

  • Bagikan
Ilham Hilal.

ANDOOLO, BKK – Setelah naik status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Puskesmas Tinanggea Konawe Selatan (Konsel) terus berinovasi dan meningkatkan fasilitas pelayanan bagi masyarakat.


Di bawah kepemimpinan Ilham Hilal, kini Puskesmas Tinanggea telah menyediakan fasilitas layanan pemeriksaan USG untuk ibu hamil (bumil).


“Jadi, setelah penerapan BLUD, kami terus berinovasi memaksimalkan mutu pelayanan kesehatan. Hal tersebut sesuai harapan pimpinan daerah, dimana BLUD bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Konsel,” ujar Kepala Puskesmas Tinanggea ini.


Dia melanjutkan, layanan pemeriksaan USG untuk ibu hamil di Puskesmas Tinanggea merupakan salah satu pengembangan layanan setelah penerapan BLUD.


“Dengan penerapan BLUD puskesmas lebih fleksibel dalam meningkatkan pengembangan layanan bidang kesehatan,” ungkapnya, Kamis, (2/3).


Sejak awal mengemban amanah, Puskesmas Tinanggea terus berinovasi memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, untuk masyarakat Konsel secara umum, terkhusus masyarakat Kecamatan Tinanggea.


“Alhamdulliah pada Rabu (1/3) perdana kami launching pelayanan pemeriksaan USG untuk ibu hamil. Alat ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupate (Pemkab) Konsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel,” ujarnya.


Ia mengatakan, sebelum ada pelayanan pemeriksaan USG untuk ibu hamil, masyarakat Kecamatan Tinanggea dan sekitarnya harus ke RSUD Konsel atau rumah sakit di Kendari.


Jadi, lanjutnya, dengan adanya layanan tersebut di tingkat Puskesmas maka lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


“Kemudian pelayanan USG ini juga bisa memanfaatkan fasilitas kartu BPJS. Sehingga, bisa meringankan beban penerima manfaat. Kami komitmen menyajikan pelayanan kesehatan yang optimal,” jelasnya.


Lebih lanjut, ia menyebut, salah satu indikator sehingga Puskesmas Tinanggea diberi ruang menyediakan fasilitas layanan pemeriksaan USG karena telah berstatus BLUD. Kemudian dokter yang memeriksa telah tersertifikasi. Artinya, Puskesmas Tinanggea telah memenuhi syarat dalam memberikan pelayanan USG untuk ibu hamil dan perdana se-Puskesmas di Konsel.


“Tentunya kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel khususnya kepada Bupati Konsel yang selama ini terus mendorong dan mendukung kami memberi pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Baik dari sisi sarana dan prasarana, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.


Dia menambahkan, inovasi dan terobosan-terobosan masih akan terus dilakukan. Diantaranya, beber dia, menyediakan apotek yang beroperasi selama 24 jam, dan tersedianya laboratorium pemeriksaan yang lengkap yang telah direncanakan dan dipersiapkan untuk dijalankan di 2023 ini. (ril/nir)

  • Bagikan