Mahasiswa UHO Diminta Manfaatkan Beasiswa KIP Kuliah Aspirasi

  • Bagikan
Hj Tina Nur Alam. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi X Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hj Tina Nur Alam mendorong mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) memanfaatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Aspirasi yang diperjuangkan di Senayan tersebut.

Tercatat, sejak menjabat sebagai DPR RI sudah sekitar 1.500 beasiswa KIP Kuliah Aspirasi yang disalurkan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Bumi Anoa.

Anggota DPR RI Komisi X, Hj Tina Nur Alam mengatakan, bahwa KIP Kuliah Aspirasi ini diprioritaskan untuk mahasiswa UHO. Tetapi sejak dirinya menjabat sebagai anggota DPR RI tidak ada mahasiswa kampus hijau itu yang memanfaatkan beasiswa yang diperuntukan untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi itu.

Sehingga sambung dia, malahan banyak PTS di Sultra yang memanfaatkan beasiswa KIP Kuliah Aspirasi yang kuotanya setiap tahun berjumlah 500 orang. Diantaranya Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari.

“Berkat penyaluran KIP Kuliah Aspirasi ini, saya pernah mendapatkan penghargaan dari Unsultra sebagai figur yang dinilai mendukung dan berkontribusi untuk kemajuan kampusnya. Jadi saya menghimbau kepada mahasiswa agar menginformasikan kepada keluarganya tentang beasiswa ini,” ujarnya yang juga alumni FISIP UHO baru- baru ini.

Ia menuturkan, untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah Aspirasi ini penerima harus memenuhi berbagai kriteria, seperti mempunyai Indeks Prestasi minimal 3.0 dan selama mengikuti pendidikan 8 semester tidak diperkenankan menikah.

Lanjut dia, kalau penerima KIP Kuliah Aspirasi itu tidak menyanggupi kriteria yang sudah ditentukan pihak kementerian. Maka sebut dia, beasiswanya langsung diputuskan atau dengan kata lain yang bersangkutan membayar sendiri biaya pendidikannya baik di PTN maupun PTS sampai selesai.

“Penerima beasiswa ini tugasnya hanya belajar dan menyelesaikan studinya tepat waktu. Karena seluruh kebutuhan kuliahnya ditanggung negara yang dananya ditransfer kerekening masing- masing penerima beasiswa setiap semesternya,” pungkasnya.

Diketahui, pendaftaran KIP Kuliah Aspirasi sudah mulai dibuka Maret ini. Calon penerima beasiswa tersebut cukup menghubungi Tenaga Ahli (TA), Hj Tina Nur Alam untuk mengetahui syarat- syarat pendaftaran. (din/nan)

  • Bagikan