Bangun Karir Tingkat Global, FT UHO Jalin Kerja Sama dengan JWB

  • Bagikan
Pelaksanaan program praktisi mengajar yang digelar FT UHO yang dihadiri langsung General Manager (GM) JWB, Kenji Kondo dan Hashiba, di Hotel Zahra Kendari, Senin (6/3).

KENDARI, BKK – Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) berkerja sama dengan perusahaan Japan World Business (JWB). Kerja sama tersebut sebagai upaya membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk membangun karir di tingkat global, melalui program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Dekan FT UHO Edward Ngii mengatakan, menindaklanjuti kerja sama yang sudah dijalin dengan JWB, pihaknya menjalankan program praktisi mengajar dalam hal ini terkait sosialisasi kepada mahasiswa, khususnya program magang di JWB 2023 ini.

Ia menjelaskan, program magang ini membantu mahasiswa mendapatkan pekerjaan. Bahkan setelah wisuda, ada mahasiswa yang langsung diterima kerja di JWB dan lanjut studi S2. Program ini juga mendorong percepatan akreditasi di FT UHO.

“Tahun 2022 kemarin, ada dua program studi (prodi), yakni teknik sipil dan elektro yang terakreditasi unggul. Sementara prodi lain masih kategori baik sekali, sedikit lagi jadi unggul,” ujarnya, Selasa (7/3).

Ia berharap, dengan semakin banyak mahasiswa yang mengikuti program magang internasional maka semakin terbuka peluang kerja di tingkat global. Sehingga, dapat mewujudkan FT UHO menjadi salah satu fakultas yang Goes to International Recognized.

“Sekarang ini ada 52 mahasiswa di FT yang di Jepang dan menunggu 28 mahasiswa lagi siap berangkat. Untuk mensukseskan program ini kita juga meresmikan English and Japanese Corner, diharapkan mereka fasih berbahasa Inggris dan Jepang,” ucapnya.

Wakil Dekan (WD) III FT UHO Adris A Putra menambahkan, melalui kerja sama dengan JWB pihaknya sudah mengirim mahasiswa sebanyak 150 magang ke Jepang dan dimungkinkan akan bertambah.

“Kami mengundang pihak JWB untuk membagikan strategi kesiapan mahasiswa magang ke Jepang,” pungkasnya.

Diketahui, JWB merupakan perusahaan yang merekrut mahasiswa yang akan magang di Jepang. Perusahaan yang berkerja sama dengan JWB sebagian besar bergerak di bidang produksi mobil. Kerja sama FT UHO dan JWB diperkuat dengan memorandum of understanding (MoU) dan memorandum of agreement (MoA). (din/ada)

  • Bagikan