KBST Lakukan Sosialisasi Bahan Pengutamaan Bahasa di Ruang Publik

  • Bagikan
Pelaksanaan Sosialisasi Bahan Pengutamaan Bahasa di Ruang Publik dan Dokumen Lembaga.

KENDARI, BKK – Sebagai upaya menggalakkan pengutamaan bahasa negara, Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (KBST) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bahan Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Dokumen Lembaga.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Muliadi.

Muliadi mengungkapkan selalu mengapresiasi dan mendukung pengutamaan bahasa negara di Sultra.

“Kolaborasi dan sinergisitas antarlembaga harus dibangun dan dijalankan dengan baik, khususnya dalam hal pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan dokumen lembaga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KBST Sultra, Uniawati mengungkapkan kegiatan ini diikuti 25 peserta dari 3 unsur lembaga utama yang terdiri atas 11 lembaga pemerintahan, 4 lembaga pendidikan dan 10 lembaga swasta berbadan hukum.

Kegiatan ini, sambung dia, bertujuan meningkatkan kesadaran lembaga dalam hal pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan dokumen lembaga.

Ia menjelaskan, di hari pertama dirinya memaparkan kebijakan KBST dalam pengutamaan bahasa negara. Objek-objek pengutamaan bahasa negara beragam dan harus diutamakan menggunakan bahasa Indonesia.

“Saya mengimbau kepada 25 lembaga binaan agar mau berbenah dan berubah untuk menggunakan bahasa negara yang baik dan benar di ruang publik dan dokumen lembaga,” pungkasnya. (din/nan)

  • Bagikan