Ratusan Personel Satpol-PP Konkep Bakal Gelar Baksos Pembersihan Pasar Kabupaten

  • Bagikan
Sudarmin S.Sos. (FOTO: HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI)

LANGARA, BKK – Ratusan personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Konawe Kepulauan (Konkep), bakal menggelar bakti sosial (baksos) pembersihan Pasar Moderen Kabupaten Konkep di Desa Mata Langara, Kecamatan Wawonii Barat, Kamis (9/3).


Baksos pembersihan pasar kabupaten itu dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Satpol-PP
Kepala Satpol-PP Konkep Sudarmin mengatakan, kerja bakti pembersihan lingkungan pasar kabupaten tersebut dilakukan untuk mendukung upaya Pemkab Konkep dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Konkep, yang kini tengah berupaya menertibkan para pedagang di Jalan Ampera Langara Laut untuk beralih melakukan penjualan barang dagangan di Pasar Kabupaten yang telah disediakan pemkab.


“Kita ini (Satpol-PP Konkep) hanya mencoba untuk membantu. Terutama kebersihan area pasar, setelah itu kita berusaha bagaimana mengajak masyarakat khususnya penjual untuk tidak berjualan lagi di area-area yang di larang, salah satunya di sepanjangan Jalan Ampera,” jelasnya.


Lebih lanjut, Sudarmin berharap aksi bakti sosial dalam rangkaian peringatan HUT Satpol-PP tersebut bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.


Terutama, lanjutnya, para pedagang untuk kembali memfungsikan pasar kabupaten yang saat ini terlihat sepi. Selain itu, dia juga berharap, melalui momet HUT Satpol PP akan meningkatkan profesionalisme sebanyak 195 personel Satpol-PP Konkep saat ini.


“Setelah kami melakukan penertiban aktivitas jual beli di Jalan Ampera Langara Laut, atas permintaan dinas terkait. Memang ada beberapa keluhan masyarakat untuk tidak berjualan di pasar kabupaten, salah satunya tidak ada air, tidak ada lampu, kemudian terlihat kotor dan kumuh,” paparnya.


“Jadi, kami coba mengatasi masalah kebersihannya, kemudian kalau persoalan fasilitas lainnya seperti ketersediaan air dan lampu itu urusan Disperindagkop,” tambahnya.


Puncak peringatan HUT ke-73 Satpol PP, Perlindungan Masyarakat ke-61 dan Pemadam Kebakaran ke-104 tersebut, lanjut Sudarmin, akan dilakukan upacara peringatan di tingkat Pemkab Konkep di Kantor Bupati Konkep, Senin (13/3).


“Sebenarnya HUT Satpol itu di tanggal 3 Maret, tapi untuk di Konkep upacara peringatannya di tanggal 13 Maret. Disesuaikan dengan kesempatan setelah beberapa rangkaian kegiatannya termasuk kegiatan bakti sosial,” tandasnya. (ain/nir)

  • Bagikan