Ratusan Siswa SMKN 1 Kendari Ikuti Uji Kompetensi Keahlian

  • Bagikan
Saat siswa- siswi mengikuti UKK.

KENDARI, BKK- Ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kendari mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Bisnis Dalam Jaringan (Daring) dan Pemasaran, sejak 6- 9 Maret 2023.

Dengan elemen kompetensi, yakni mengoperasikan mesin- mesin bisnis, mengisi berkas administrasi transaksi, melakukan display produk, membuat laporan keuangan, dan melakukan presentasi bisnis.

Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koua mengatakan, bahwa ratusan siswa- siswi SMKN 1 Kendari melakukan UKK yang diselenggarakan secara khusus untuk mengukur pencapaian siswa- siswi tersebut.

Ia menuturkan, ada lima program keahlian SMKN 1 Kendari yang diikuti siswanya, diantaranya Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis dan Pemasaran Online, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Teknologi Jaringan dan Komputer, dan Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.

“Ada 453 siswa- siswi kelas 3 yang mengikuti UKK, dengan tujuan untuk mengukur pencapaian siswa setiap program keahlian setelah mereka melakukan praktek kerja industri,” ujarnya, Rabu (8/3).

Ia menjelaskan, apabila telah mengikuti ujian dan dinyatakan lulus setiap siswa akan diberikan sertifikat kompetensi sebagai pengakuan yang diberikan oleh industri kepada sekolah tentang penguasaan keahlian yang dimiliki siswa.

Sambung dia, dalam UKK itu pihak sekolah juga melibatkan berbagai mitra SMKN 1 Kendari, seperti dari ritel, perusahaan, organisasi perangkat daerah hingga praktisi.

“Setelah mengikuti uji kompetensi siswa diharapkan dapat menunjukan keahliannya terhadap kompetensi yang dimilikinya utamanya saat menghantarkan siswa bersaing di dunia kerja,” pungkasnya. (din)

  • Bagikan