Kuota JCH di Sultra 2.019 Orang

  • Bagikan
Marni. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Kuota jemaah calon haji (JCH) 2023 di Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 2.019 orang.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sultra Hj Marni, Kamis (9/3). Kata dia, tahun 2023 ini, Sultra mendapatkan kuota JCH sebanyak 2.019 orang.

Dari jumlah tersebut, sambung dia, sebanyak 101 Lanjut Usia (Lansia) yang telah mendaftarkan diri berdasarkan Keputusan Menteri Agama (Menag).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bakal ada pembimbing ibadah, ketua kloter dan tiga PHD.

“Jadi nantinya pendampingan lansia lebih maksimal dengan banyaknya petugas. Itu berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 2019 semua petugas akan mengikuti bimtek terintegrasi semua layanan,” katanya.

“Itu yang menjadi tantangan terberat dengan banyaknya lansia kita harus mempersiapkan diri secara matang dan menyatukan persepsi sehingga layanan lebih maksimal,” tambahnya.

Ia menambahkan, untuk JCH khusus lansia Sultra yang paling tertua umur 101 tahun asal Kabupaten Buton Selatan (Busel). Sementara yang paling muda berusia 21 tahun dari Kabupaten Kolaka.

“Dan lima kloter untuk Sultra, semua kloter penuh dan sisanya satu kloter sebanyak 79 orang tergabung di provinsi lain. Jadi satunya ini gabungan,” ungkapnya. (r4/nan)

  • Bagikan