Muna Peringkat 3 Serapan DAK Semester II Tahun 2022, Capai 98,14%

  • Bagikan
Plt Kepala BKAD Kabupaten Muna Ari Asis SE MSi (paling kanan, red).

RAHA,BKK – Kabupaten Muna menerima penghargaan untuk pengelolaan DAK terbaik 3 semester II tahun 2022, tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Perghargaan tersebut diterima Wakil Bupati Muna Drs H Bachrun MSi di Kota Kendari, Senin (13/3).


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Muna Ari Asis SE MSi saat dikonfirmasi hal ini, Selasa (14/3) membenarkannya.


“Alhamdulilah untuk pengelolaan DAK semester II tahun 2022 Kabupaten Muna meraih peringkat 3 terbaik di Sultra. Tentu keberhasilan ini, berkat kerja sama dan sinergitas semua OPD pengelola DAK, yang cepat dalam proses pencairan maupun dalam pelaporannya,” ujarnya.


“Tentu kita berharap, ke depan pengelolaan DAK Muna bisa lebih baik lagi. Apalagi, sebelumnya kita meraih peringkat 2 terbaik di Sultra,” tambahnya.


Dia mengatakan, bahwa DAK Muna tahun 2022 yang masuk ke Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Muna itu sebesar Rp122,7 miliar, dengan realisasi sebesar Rp120,4 miliar atau 98,14%.


“Jadi, yang tidak terserap itu sekitar Rp2 miliar. DAK ini terbagi 2, ada yang reguler dan penugasan. DAK reguler itu ada 15 jenis kegiatan, sementara tugas penugasan ada 4 jenis kegiatan. Kalau penugasan itu ada di Dinas Nakertrans, Perikanan, Dinas Pemukiman Perumahan dan PUPR. Sedangkan DAK reguler itu ada disejumlah OPD seperti Dikbud, DLH, PUPR, BKKBN, Dinkes, Perumahan, Perpustakaan, dan RSUD,” tuntasnya. (tri/nir)

  • Bagikan