Di Sultra, Hanya Muna yang Dapat Program Desa Wisata

  • Bagikan
Rustam SPd.

RAHA, BKK – Di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), hanya Kabupaten Muna yang dapat program desa wisata dari Kementerian Desa RI tahun 2023. Yakni Desa Labone dan Oempu.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna Rustam, Jumat (17/3) mengatakan, bahwa program desa wisata ini diusulkan sejak di 2022 lalu, melalui Wakil Ketua Komisi V Ir Ridwan Bae.


“Alhamdulillah, di 2023 ini ada 2 desa di Kabupaten Muna yang ditetapkan sebagai desa wisata oleh Kementerian Desa,” ujar Rustam.


Rustam mengaku, bahwa program desa wisata ini sangat sulit untuk didapatkan.
“Sangat sulit untuk mendapat program desa wisata ini. Di Sultra untuk usulan tahun 2022, hanya Kabupaten Muna yang dapat, kemudian di Sulsel juga hanya 2 desa. Kita usulkan tahun 2022 lewat dukungan Wakil Ketua komisi V DPR-RI Ir Ridwan Bae. Kita sangat berterima kasih kepada pak Ridwan,” tambah Rustam.


Rustam membeberkan, dengan ditetapkan Desa Labone dan Oempu sebagai desa wisata di Indonesia, maka 2 desa tersebut akan mendapatkan bantuan berupa dana sebesar Rp500 juta perdesa.


“Jadi, ada bantuan dana sebesar Rp500 juta untuk masing-masing desa. Saat ini kita lagi mengikuti arahan dari pemerintah pusat khususnya Kementerian Desa, terkait teknis pencairan dananya, peruntukkannya, serta hal-hal teknis lainnya,” pungkasnya. (tri/nir)

  • Bagikan