Distan Konkep Bakal Bangun Kandang Jepit

  • Bagikan
Kabid Peternakan Distan Konkep, Udin

Permudah Vaksinasi Ternak

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) berupaya mendukung program vaksinasi ternak, guna menjamin kesehatan ternak itu sendiri.


Kini, untuk mempermudah program vaksinasi ternak tersebut, Dinas Pertanian Konkep bakal membangun kandang jepit.


Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian Konkep Udin mengatakan, tahun ini pihaknya menganggarkan pembangunan kandang jepit melalui Anggaran Pemdapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konkep.


“Saat ini tinggal menunggu cairnya anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan kandang jepit. Di mana, penyediaan fasilitas ini sebagai penunjang pelaksanaan pemeriksaan, pengobatan dan pemberian vaksinasi pada hewan ternak seperti sapi,” ujarnya baru-baru ini.


Dia mengungkapkan, selain kesehatan ternak, tujuan pembangunan kandang jepit tersebut juga sebagai upaya dalam meciptakan suasana aman dan memberikan keselamatan. Baik itu untuk petugas atau dokter hewan, maupun hewan ternak itu sendiri.


“Karena ketika sapi itu dalam keadaan bebas akan sangat berisiko, yang paling berbahaya dan berisiko ketika akan dilakukan penyuntikan, karena akan berakibat patahnya jarum atau pun membahayakan dokter hewan itu sendiri yang akan melakukan penyuntikan,” jelasnya.


Dia menuturkan, pembangunan kandang jepit ini nantinya tidak dalam bentuk modern, namun dalam bentuk sederhana. Akan tetapi, fungsi dan tujuannya tetap terpenuhi dan akan dibangun di sentra-sentra peternakan yang ada di Konkep. (ain/ada)

  • Bagikan