Resmi Pimpin UM Kendari, Prof Nurdin Bakal Lanjutkan Capaian Prestasi Amir Mahmud

  • Bagikan

KENDARI, BKK- Setelah resmi memimpin Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Keagamaan terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra), Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari periode 2023- 2027, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nurdin, M.Sc, IPU., ASEAN Eng bakal melanjutkan capaian prestasi yang sudah ditorehkan Rektor UM Kendari, Amir Mahmud S.Pi., M.P periode 2019- 2023.

Prof Muhammad Nurdin dilantik oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.Si.

Dalam sambutannya, Prof Nurdin berterima kasih kepada rektor sebelumnya, yakni Amir Mahmud atas capaian prestasi yang diraih sebelumnya. capaian prestasi yang diraih tersebut kata dia, menjadi pondasi yang kuat bagi dirinya dan tantangan bagi civitas akademika UM Kendari untuk melanjutkan prestasi tersebut.

“Terima kasih kepada bapak Amir Mahmud, dalam periode yang lalu telah menjadi pondasi yang kuat. Oleh karena itu, kami yang akan melanjutkan kepemimpinan beliau, kita sudah melihat dan mengapresiasi, banyak prestasi yang sudah ditorehkan. Insyallah itu menjadi acuan dahsyat bagi kita semua, untuk terus melanjutkan capaian yang sudah bagus itu,” ujar Prof Nurdin.

Selain itu, Prof Nurdin mengajak seluruh civitas akademik UM Kendari agar siap menyiapkan kemajuan UM Kendari kedepan.

“Muhammadiyah memanggil teman-teman semua. Siapkan teman-teman kita singsingkan lengan baju untuk semua bergerak bersama membangun Universitas Muhammadiyah Kendari”, tutur Nurdin.

Rektor UM Kendari (2019- 2023), Amir Mahmud mengungkapkan, bahwa kemajuan UM Kendari yang dilihat sekarang ini bukan berarti karya saat ini, melainkan tidak terlepas dari perjuangan pemimpin- pemimpin terdahulu kurang lebih 22 tahun yang lalu.

Amir Mahmud sejak menjabat Rektor UM Kendari sudah tidak sedikit lagi penghargaan yang berhasil diraih dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sultanbatara. Dengan itu sambung dia, pihaknya terus bergerak membangun solidaritas, kolaborasi dengan para stakeholder menatap tekad menjadi PT yang berkemajuan dengan tagline “Virtual Islamic University” yang melahirkan peluang dan inovasi dengan menerobos Disruptif era 4.0.

“Kami memohon maaf kepada para stakeholder apabila terdapat kekeliruan, khilaf, kesalahan, janji, target yang belum bisa dicapai serta program yang belum kami rampungkan dalam rencana pembangunan dan pengembangan UM Kendari,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri, dirinya juga mengingatkan kepada Rektor UM Kendari periode 2023- 2027, bahwa ada 9 program prioritas yang harus diselesaikan tahun ini. Adalah Pembangunan Gedung Rektorat 7 lantai, pembangunan Pondok Tahfidz Fakultas Agama Islam (FAI), pembangunan gedung Rusunawa mahasiswa 3 lantai, penerbitan sertifikat tanah 28 hektar yang telah di akusisi, pendirian Fakultas Kedokteran (FK).

Selanjutnya, pengembangan dan inovasi MBKM berbasis metaverse, penyelesaian sistem informasi manajemen terpadu kerja sama teknopart Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pengembangan sistem informasi dan pelayanan desa terpadu, serta tabungan pensiun berbasis emas.

“Sebenarnya masih banyak program belum saya sampaikan, tetapi 9 poin prioritas itu harus diselesaikan tahun 2023 ini,” ucapnya.

Dilain sisi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sultra, Habib Akhmad Aljufri mengajak seluruh civitas UM Kendari untuk terus berkolaborasi mengembangkan kampus yang lebih maju. Ia juga mengungkapkan keyakinanya terhadap rektor baru yang akan mengantarkan UM Kendari menjadi PT yang terpandang.

“Mari berkolaborasi, dan terus mengembangkan UM Kendari. Kita percaya bahwa Prof Nurdin insyallah akan mengantarkan Universitas Muhammadiyah Kendari menjadi satu Perguruan Tinggi (PT) yang terpandang di Sulawesi Tenggara, bahkan di Indonesia dan Internasional”, ungkap Aljufri.

“Saya percaya kepada pak rektor, pak Prof Nurdin bahwa amanah yang diberikan di persyerikatan adalah kesempatan buat kita untuk beramal jariah sebanyak-banyaknya, seperti amal jariah yang sudah dicontohkan oleh pendahulu-pendahulu kita,” pungkasnya.

Diketahui, prosesi Pelantikan dilakukan di Aula Lt. 4 Gedung E UM Kendari, pada Selasa (21/3) turut dihadiri, diantaranya Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Wali Kota Kendari, Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sultra, Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se Sultra, para Mitra Bank, dan seluruh civitas akademika UM Kendari. (din)

  • Bagikan