Kadis Kominfo Bantah Pj Bupati Bombana Pelesiran ke New york

  • Bagikan

RUMBIA, BKK – Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Bombana, Sofian Baco, membantah Penjabat (Pj) Bupati Bombana Burhanuddin pelesiran ke New York Amerika Serikat.


Sofian menegaskan, tujuan Burhanuddin bersama istri dan Kepala Dinas Pariwisata Bombana ke Negeri Paman Sam itu adalah perjalanan dinas resmi untuk kepentingan daerah.


“Ada rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 185.2/1013.e/SJ tanggal 30 Januari 2023 terkait keberangkan mereka itu,” ujar Sofian, Minggu (26/3)
Sofian menyebutkan, kapasitas Burhanuddin dan istrinya ke luar negeri adalah sebagai Pembina dan Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana. Keberangkatan tersebut telah sesuai dengan tata aturan protokol perjalanan luar negeri kepala daerah.


Sebelumnya, beredar di media sosisal (medsos) potongan gambar dan video mengenai keberadaan Burhanuddin dan istri di Amerika Serikat. Namun, informasi itu, Kata Sofian telah diframing seolah-olah Burhanuddin dan istrinya yang tengah pelesiran tampil hedon dengan barang serba mahal atau branded.


Menurut Sofian, informasi di mesdsos itu merupakan ulah pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mengacaukan opini masyarakat. Khususnya publik Bombana.


“Tujuannya adalah membuat image sosok Pj Bupati Bombana terlihat buruk di mata publik. Fitnah yang diedarkan ini sesungguhnya telah mengusik kekhusyukan Pj Bupati Bombana sekeluarga dalam menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan 1444 H,” papar Sofian


Sofian menjelaskan, agenda keberangkatan Pemkab Bombana ke USA dalam rangka mengadiri undangan dari Indonesia Fashioan & Arts Festifal (IFAF) Nomor: 102/CS- IFAF/XI/2022 untuk Bupati Bombana dan undangan nomor: 103/CS-IFAF/XI/2022 untuk Ketua Dekranasda Bombana. IFAF adalah Official Partner resmi dari New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) 2023 yang diketuai oleh Lina Marlina, Ibu Gubernur Jawa Barat.


“Kedua lembaga tersebut merupakan institusi yang fokus mengembangkan dan mempromosikan karya ekonomi kreatif di sejumlah wilayah di Indonesia. Perlu pula ditegaskan bahwa undangan tersebut didasari oleh prestasi, sekaligus sebagai apresiasi terhadap kinerja pemerintah,” ujarnya
Mantan Kepala ULP Kabupaten Bombana ini mengatakan, Dekranasda Kabupaten Bombana telah gemilang membukukan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kemenkumham RI atas 12 motif kain tenun, sehingga harus dipromosikan baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.


“Undangan kegiatan New York Indonesian Fashion Week 2023 tersebut bukan sebuah keniscayaan, melainkan serangkaian yang proses yang bermula dari bawah. Diawali dengan prestasi Dekranasda Kabupaten Bombana di Sultra Tenun Karnaval (STK) Tingkat Provinsi Sulwesi Tenggara, selanjutnya partisipasi di Indonesian Fashion Week yg diadakan secara rutin di JCC Jakarta sehingga berhasil tampil pada ajang New York Indonesia Fashion Week tersebut,” ujarnya.


Lebih lanjut, Sofian menjelaskan, berita yang dikembangkan terkait perjalanan ke luar negeri Burhanuddin serta tas yang digunakan istrinya adalah berita hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


“Jika ada pihak-pihak tertentu baik secara pribadi maupun institusi menggunakan berita hoax tersebut untuk menyerang pribadi dan kredibilitas pribadi Bapak Burhanuddin selaku Pj Bupati Bombana dan istri, serta postingan dan pernyataan tersebut berisiko hukum, kami akan melakukan somasi atau proses pelaporan secara hukum kepada aparat berwenang melalui legal konsultan yang telah kami tunjuk sebelumnya,” tukasnya. (P1/ada)

  • Bagikan