Parinringi Ingatkan untuk Menjaga Toleransi di Bulan Ramadan

  • Bagikan
Pj Bupati Parinringi saat memberikan sambutan. (FOTO: MANSIRAL/BERITA KOTA KENDARI)

LASUSUA, BKK – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Parinringi mengajak sekaligus mengingatkan seluruh umat muslim untuk menjaga toleransi di bulan ramadan.


Hal disampaikannya saat membawakan sambutannya usai melaksanakan salat isha dan salat tarawih berjamaah di Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad Lasusua, Kamis (23/3).


“Saya juga mengajak seluruh umat Islam untuk menyambut bulan ramadan dengan penuh suka cita,” ujarnya.


“Mari semua bersyukur dan berbahagia seraya mengucap Marhaban Ya Ramadan. Bulan Ramadan merupakan momentum istimewa untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran dan keiklasan,” tambahnya.


Menurut Parinringi, bulan suci ramadan menjadi momentum untuk melakukan evaluasi diri terhadap semua ucapan, perilaku, dan amalan selama 11 bulan yang telah berlalu.


“Mari semua masyarakat untuk menjaga suasana kerukunan, persaudaraan, dan kedamaian dengan menjaga marwah bulan suci ramadan dengan saling menghargai dengan membatasi kegiatan yang dapat menciderai ramadan,” ajak Parinringi.


Parinringi berharap, para pengelola tempat hiburan, pelaku usaha rumah makan, para pengelola media cetak dan elektronik dan pengguna media sosial untuk mengambil peran.


“Semua harus ikut menjaga suasana yang kondusif dengan membatasi kegiatan, tayangan dan konten-konten yang dapat menciderai kemuliaan bulan suci ramadan,” jelasnya.


Safari Ramadan 1444 Hijriah Tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut melaksanakan lebih awal, dengan pembagian 3 zona. Yakni, zona I Kecamatan Wawo, Ranteangin, Kecamatan Lambai, Kecamatan Lasusua dan Kecamatan Katoi.


Zona II yakni Kecamatan Kodeoha, Kecamatan Tiwu, Kecamatan Ngapa, Kecamatan Watunohu, Kecamatan Pakue.


Dan zona III yakni Kecamatan Pakue Tengah, Kecamatan Pakue Utara, Kecamatan Batu Putih, Kecamatan Porehu dan Kecamatan Tolala. (ral/nir)

  • Bagikan