Bantuan Sembako Tunai Kepada 1.167 KPM di Kendari Mulai Disalurkan

  • Bagikan
Seorang KPM menerima bantuan yang diserahkan oleh perwakilan PT Pos Indonesia, Rabu (29/3) (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui PT Pos Indonesia mulai menyalurkan bantuan sosial sembako tunai sebesar Rp600 ribu kepada 1.167 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Rabu (29/3).

Bantuan yang disalurkan merupakan bantuan selama 3 bulan dari Januari, Februari, dan Maret yang masing-masing per bulanya sebesar Rp200 ribu di triwulan satu.

Pejabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, penyaluran bantuan khususnya bantuan sosial sembako secara tunai dalam rangka meringankan beban warga masyarakat, terutama keluarga miskin pra sejahtera untuk memenuhi kebutuhan dasar.

“Jadi poinnya adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar bukan kebutuhan konsumtif lainya. Tentu kita berharap, angka 1.167 KPM yang ada saat ini bisa menurun di waktu mendatang, sehingga menjadi indikator, bahwa terjadi peningkatan kesejahteraan di warga Kota Kendari,” kata Asmawa.

Lanjutnya, bahwa dalam penyaluran bantuan, juga diawasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sultra dan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Kendari.

“Pemkot berterima kasih kepada PT Pos Indonesia karena telah bekerja sama menyalurkan bantuan sosial yang berasal dari Pemerintah Pusat ini. Pemerintah sadari, bekerja sama dengan semua pihak sangat penting dalam rangka mengentaskan kemiskinan yang ada di Kendari,” katanya.

Lebih lanjut, Asmawa menjelaskan, setelah penyaluran bantuan di triwulan satu, akan ada evaluasi setelahnya, untuk menetukan, apakah warga atau KPM yang menerima di triwulan satu masih layak menerima bantuan triwulan berikutnya.

“Tapi itu ada mekanismedan kriterianya. Apalagi data yang ada, semua diambil dari DTKS di Kementerian Sosial (Kemensos).

Salah seorang warga penerima bantuan mengaku senang telah merima bantuan sebesar Rp600 ribu. Ia mengaku, akan mengunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari di tengah bulan ramadhan.

“Terima kasih kepada pemerintah yang sudah bantu kami. Uang yang kami terima bisa memenuhi kebutuhan kami saat puasa ini maupun lebaran nanti,” katanya. (r1)

  • Bagikan